7 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Penyebab menstruasi tidak teratur – Ada beragam jenis kelainan haid yang sering dialami pada setiap wanita. Warna darah menstruasi hingga tekstur darah yang bervariasi.  Jenis kelainan haid pada wanita ada yang bersifat normal dan ada juga yang bersifat berbahaya. Menstruasi bisa dikatan normal  berarti bisa diatasi, sedangkan dengan menstruasi tidak normal  berarti itu menandakan menstruasi yang berbahaya, perlu penanganan untuk menghindari segala dampak buruk kepada wanita yang mengalaminya.

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Baca Juga: Obgyn Adalah

Apa sih perbedaan haid normal dan tidak normal ?

Mentruasi dikatan normal yaitu bila terjadi kurung waktu 1-3 hari, maka hal itu bisa dianggap wajar, Sedangkan mentruasi tidak normal bisa dikatakan kurang dari dua puluh satu hari atau terjadi setelah hari ke tiga pulu lima.

Begitu juga dengan pendarahan yang terjadi kurun waktu kurang dari 5 hari atau melebihi 7 hari termasuk kedalam menstruasi yang tidak normal.

Berikut akan kami jelaskan beberapa, kenapa penyebab menstruasi tidak teratur pada perempuan

1. Stress Emosional

Stress yang berlarut-larut akan menyebabkan pendarahan yang tidak teratur, sehingga akan mengakibatkan menstruasi tidak lancer, segeralah buang pemikiran seputar persiapan UN, tugas kantor kehilangan pekerjaan dan kehilangan pacar. Saat anda merasakan stress yang berlebih, tubuh akan berpengaruh pada keluarnya hormone menstruasi. Kondisi stress yang mungkin sedang alami ini  akan berpengaruh pada Hypothalamus, hypothalamus merupakan bagian dari otak yang menjadi tempat berbagi hormone yang mengatur periode-periode menstruasi.

Baca Juga : Cara menghitung siklus menstruasi pada wanita

2. Berat Badan Turun Secara Drastis

Kondisi berat badan yang turun secara langsung akibat gangguan pola makan anda yang tidak teratur, seperti pada anorexia dan bulimia bisa menjadi penyebab menstruasi yang  datang tidak teratur.

Sedangkan penurunan berat badan sendiri akan menyebabkan gangguan pada haid anda. Gangguan ini di pengaruhi oleh kebutuhan lemak anda  yang berkurang saat pembentukan hormon haid.

3. Aktivitas yang berlebih

Pada umumnya aktivitas yang berlebih akan menimbulkan rasa kecapean, dan rasa cape itu bisa berpengaruh kepada kelenjar hipotalumus, yang nantinya juga akan mempengaruhi hormone menstruasi. Untuk mengatasi keterlambatan pada kasus iniyaitu dengan cara kurangilah aktivitas yang berlebih pada diri anda.

4. Gangguan pada organ kandungan anda

Adanya gangguan pada kandungan anda misalnya myoma uteri dan polip, itu juga bisa memberikan keluhan pendarahan diluar haid anda. Hal ini bisa berdampak berbahaya bagi anda. Maka segeralah konsultasi ke dokter atau segeralah berobat di klinikandrologi.

5. Gangguan pada kelenjar tiroid

Fungsi dari kelenjar tiroid sendiri adalah untuk mengatur metabolism tubuh anda, sehingga ketika kelenjer ini mengalami gangguan, maka akan berpengaruh kepada siklus menstruasi anda yang tidak teratur.

6. Kontrasepsi hormonal

Perlu anda ketahui berbagai alat kontrasepsi juga bisa mengakibatkan penyebab menstruasi tidak teratur pada diri anda, penggunaan pil KB , suntik KB maupun KB hormonal  dapat menyebabkan pendarahan yang sedikt, tetapi tidak menutup kemungkinan akan menjadi pendarahan berat.

Pemberian suntikan untuk kontrasepsi juga akan dapat berpengaruh dan bsa menyebabkan haid secara tidak teratur kepada anda.

7. Jamur atau penyakit

Beberapa jenis penyakit dapat mempengaruhi siklus haid anda menjadi tidak teratur, diantaranya adalah kelainan rahm maupun diabetes.

Penyakit tersebut apabila tidak diatasi  akan memperburuk ondisi tubuh anda, maka segeralh berkonsultasi ke dokter-dokter.

8. Obesitas

Berat badan juga akan sangat berpengaruh kepada siklus menstruasi anda menjadi tidak teratur, bahkan kenaikan yang signifikan adalah satu tanda gangguan tiroid pada wanita, tak hanya itu berat badan yang berlebih juga adalah tanda ovarium polikisti atau penyakit hormonal. Maka segerlah berolahraga jika berat badan anda memang kurang ideal