Apa Itu Ejakulasi Dini, Penyebab Dan Pengobatannya

Apa Itu Ejakulasi Dini, Penyebab Dan Pengobatannya

Ejakulasi dini adalah kondisi seseorang saat tidak mampu menahan ejakulasi, bahkan kehilangan kendali untuk mencapai klimaks bersama pasangannya. Hal tersebut dapat disebut juga klimaks cepat, atau klimaks dini. Ejakulasi tak lagi bisa dikendalikannya dalam ukuran waktu tertentu dan terjadi dalam tempo yang relatif cepat. Dampaknya, pasangan merasa tidak nyaman.

ejakulasi dini mengatasi ejakulasi dini penyebab ejakulasi dini gejala ejakulasi dini pengobatan ejakulasi dini apa itu ejakulasi dini

Pria yang mengalami ejakulasi dini dilaporkan memiliki ketidak harmonisan, dan terkadang menolak untuk melakukan hubungan seksual karena merasa malu dengan penyakit yang dialami. Dibandingkan dengan pria, wanita tidak terlalu mempermasalahkan ejakulasi dini yang dialami pasangannya, akan tetapi dari beberapa
penelitian menunjukkan kondisi ini menyebabkan ketidakharmonisan.

 

 

Apa penyebab ejakulasi dini?

Umumnya, penyebab ejakulasi dini karena masalah psikologis. Berbagai teori yang dikeluarkan, termasuk bahwa ejakulasi dini terjadi karena melakukan masturbasi yang terlalu cepat ketika masa remaja, demam panggung, konflik oidipal, agresivitas pasif, dan kurang melakukan aktivitas seksual, tetapi tidak ada satupun teori yang pasti dan bisa menjelaskan gejala tersebut. Ejakulasi dini dapat terjadi karena radang prostat atau efek samping dari obat-obatan.

Penyebab ejakulasi dini secara umum diakibatkan oleh berbagai faktor. Ada yang mengatakan kebiasaan untuk mencapai orgasme dan ejakulasi secara tergesa-gesa, misalnya dengan masturbasi ataupun onani, konon mengakibatkan ejakulasi dini, walaupun sebagian ahli mengatakan bahwa itu hanya mitos belaka.

Gugup dan gelisah atau karena terlalu bersemangat bisa berpotensi seseorang tidak bisa mengendalikan ejakulasi dini. Dalam hubungan terlarang, perasaan bersalah, takut hamil atau takut gagal dalam berhubungan juga menjadi penyebab.

Jadi, penyebab ejakulasi dini lainnya secara ringkas dikarenakan adanya kondisi fisik yang mengalami gangguan. Misalnya karena darah dalam penis tidak mengalir secara sempurna yang diakibatkan oleh penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan pengerasan arteri.Selain itu juga karena adanya trauma saraf karena penyakit yang mengganggu hubungan sistem saraf dengan alat vital. Contoh karena cedera tulang belakang, multiple sclereosis, stroke dan operasi prostat.

Tapi yang paling banyak adalah ejakulasi dini karena kondisi psikologis, seperti gelisah dan stres. Dan juga karena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan yang mempunyai efek samping terhadap seksual. Demikian pula bila terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, merokok dan narkoba.

 

Baca Juga: Kesehatan Alat Reproduksi Pria

Pengobatan ejakulasi dini

Terdapat beberapa macam metode pengobatan yang sudah diuji untuk mengobati ejakulasi dini. Sejauh ini, ombinasi dari pengobatan medis dan nonmedis merupakan metode yang efektif untuk mengobati ejakulasi dini antara lain :

  • Pelatihan otot seksual
    merupakan salah satu metode paling mudah untuk mengobati ejakulasi dini. Fungsi ejakulasi sperma dilakukan dengan bantuan otot PC, yang terletak di dasar panggul. Dan sebenarnya, pada beberapa pria otot ini tidak dilatih dengan baik untuk melaksanakan fungsi ejakulasi dengan benar.
  • Menjaga erotisme seksual pada kecepatan normal sangat penting untuk mencapai ereksi lengkap. Kebanyakan pria merasa khawatir dan itu akan mengakibatkan kehilangan kontrol dan berakhir dengan klimaks terlalu cepat. Latihan pernapasan juga akan membantu Anda untuk santai dan mengendalikan ejakulasi selama hubungan seks.
  • Gunakan ramuan herbal penunda ejakulasi atau pil anti ejakulasi dini juga tersedia saat ini. Pilihlah bahan herbal yang diperkaya untuk mengobati jenis-jenis gangguan tersebut. Jika pil mengandung bahan-bahan herbal, maka kita dapat mengatakan 100% aman untuk digunakan karena tidak memberikan efek samping.

 

Baca Juga: Penyebab Impotensi 

Pengobatan ejakulasi dini non medis / dilakukan sendiri

Banyak pria mencoba untuk mengobati dirinya dari ejakulasi dini dengan mengalihkan pikiran, seperti mencoba untuk menjauhi segala sesuatu yang dapat menstimulasi aktivitas seksualnya. Cara yang lain adalah melakukan hubungan seksual dengan perlahan, menolak melakukan masturbasi, ejakulasi sebelum melakukan aktivitas seksual,
dan menggunakan lebih dari satu kondom. Tapi, menggunakan lebih dari satu kondom sangat tidak dianjurkan, karena akan terjadi gesekan antara kondom dengan penis dan akan menyebabkan iritasi. Banyak pria yang berpendapat bahwa cara tersebut berhasil.

Konsultasi dengan dokter yang sudah ahli dalam bidang seksual dapat membantu sekitar 75 sampai 80 persen dalam proses penyembuhan. Klik tombol dibawah ini.