Apa Itu Endometriosis ?

Apa Itu Endometriosis ?

Apa Itu Endometriosis? – Ada seorang wanita yang sering bergelut melawan rasa nyeri yang begitu luar biasa. Ketika sedang haid, wanita itu kerap merasakan nyeri yang begitu hebat pada bagian perut yang disertai diare, sakit kepala, pusing, mual, serta rasa nyeri pada punggung bawah. Nyeri yang wanita itu rasakan membuatnya merasa terganggu dan merasa tidak nyaman serta menghalanginya untuk menyelesaikan pekerjaan dan menjalani hidup normal. Itulah sekelumit masalah yang dialami oleh penderita endrometriosis.

apa itu endometriosis

Baca Juga: Gejala Endometriosis Adalah

Apa itu endometriosis?

Endometriosis merupakan salah satu kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita. Penyakit ini muncul ketika dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tubbuh di luar rongga rahim. Endometriosis adalah ketika sel sel endomterium berpindah dari uterus (rahim) ke anggota tubuh lainnya. Sel sel endometrium adalah sel sel yang membentuk pelapis uterus, sehingga ketika sel sel tersebut berada tidak pada tempatnya, akan timbul masalah pada sistem reproduksi wanita. Pada umumnya, sel sel tersebut kemudian akan membentuk jaringan pada ovarium, bagian luar dari uterus, atau tuba falopi. Jaringan tersebut juga dapat berkembang pada usus, berbagai bagian dari perut, dan bahkan lebih lanjut.

Apa Itu Endometriosis? – Apa Penyebab Endometriosis Itu Sendiri?

Setelah kita tahu tentang endometriosis, maka kita harus tahu juga apa yang menjadi penyebab penyakit ini. Meskipun penyebab pasti dari penyakit ini belum diketahui, namun ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab endometriosis itu sendiri.

Endometriosis terjadi saat jaringan endometrium berada di luar rahim. Jika seseorang mengidap penyakit tersebut, jaringan itu juga mengalami proses penebalan dan luruh yang sama dengan siklus menstruasi. Namun, darah di luar rahim akhirnya akan mengendap dan tidak bisa keluar karena terletak di luar rahim. Endapan tersebut beserta dengan jaringan di sekitarnya akan mengalami iritasi. Lalu, lama kelamaan jaringan prut atau beras iritasi itu pun akan terbentuk.

Memang penyebab tubuhnya penyakit ini belum dapat diketahui secara pasti tapi kadar hormon esterogen yang tinggi terbukti dapat mempengerahui kondisi ini. Karena itu penyakit ini umumnya menyerang wanita di usia produktif. Ada beberapa faktor resiko selain estrogen yang diduga sebagai pemicunya, yaitu faktor keturunan, pengaruh infeksi panggul yang pernah diidap, serta keabnormalan pada rahim.

Apa Itu Endometriosis? – Apa Faktor Resiko Terjadi Endometriosis?

Faktor yang diketahui berperan terjadinya endometriosis adalah;

  • Turunan/genetik.
  • Perempuan yang tidak pernah hamil.
  • Perempuan yang tinggi dan kurus dengan masa tubuh yang rendah.

Baca Juga: Gejala kista endometriosis

Apa Itu Endometriosis? – Gejela Endomteriosis

Tidak semua penderita endometriosis memberikan keluhan. Namun, keluhan yang sering terjadi terutama pada saat haid adalah;

  • Nyeri di perut bawah dan panggul.
  • Nyeri pinggang dan bokong.
  • Nyeri di sekitar paha dan kelamin.
  • Nyeri saat berhubungan intim yang kadang disertai pendarahan.
  • Nyeri saat kencing.
  • Susah BAB dan nyeri sekitar dubur saat buang air besar.
  • Lemas
  • Kemandulan