Apa Itu Penyakit Raja Singa?

Apa Itu Penyakit Raja Singa?

Penyakit Raja Singa – Penyakit ini lebih dikenal dengan penyakit sipilis,  yaitu suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Pada umumnya, penyakit ini ditularkan melalui kontak atau aktivitas seksual.

Siapa yang berisiko tertular penyakit raja singa?

Mereka yang melakukan aktivitas seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi, atau bahkan mereka yang melakukan aktivitas seksual dengan penderita penyakit ini.

 

penyakit raja singa, apa itu penyakit raja singa

Baca Juga: Sipilis Adalah

Bagaimana Penularannya ?
Paling umum, penyakit ini disebabkan karena aktivitas seksual. 60% kasus di Amerika, hal ini terjadi pada laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki (sejenis). Umumnya penyakit ini juga dapat ditularkan lewat darah. Akan tetapi, setelah diuji di berbagai negara, penularan penyakit ini lewat darah sangat rendah. Ada juga penularan melalui jarum suntik yang tidak steril. Syphilis tidak dapat ditularkan melalui dudukan toilet, aktifitas sehari-hari, atau berbagi alat makan serta pakaian.

Diagnosis Penyakit Raja Singa

Pada tahap awal, penyakit ini sulit didiagnosisis secara klinis. Penyakit ini di diagnosa melalui tes darah atau pemeriksaan secara langsung menggunakan mikroskop. Pemeriksaan darah adalah cara yang umum digunakan, karena lebih mudah dilakukan.

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Sebenarnya tidak ada vaksin yang efektif untuk pencegahan. Tapi ada baiknya, kita cegah dengan:

  • Menghindari kontak fisik intim secara langsung dengan orang yang terinfeksi, secara efektif mengurangi
    penularan penyakit syphilis.
  • Menghindari zat seperti alkohol dan zat terlarang lainnya yang dapat meningkatkan penularan penyakit syphilis.
  • Merekomendasikan hubungan jangka panjang dengan satu pasangan yang tidak terinfeksi.
  • Tidak melakukan seks bebas dengan berganti-ganti pasangan.
  • Bersikap terbuka dengan pasangan tentang riwayat penyakit yang pernah anda derita atau mungkin penyakit syphilis atau penyakit kelamin lainnya.

Baca Juga : Ciri ciri penyakit raja singa

Beberapa Gejala Pada Pria

  • Keluarnya cairan atau kotoran dari penis pada laki-laki. Nyeri selama melakukan hubungan intim atau pada saat buang air kecil. Kerongkongan terasa sakit atau ada luka di kerongkongan pada orang-orang yang melakukan sex oral.
  • Nyeri pada daerah sekitar anus pada orang yang melakukan sex anal.
  • Luka berwarna merah tanpa rasa sakit pada daerah kelamin, anus, kerongkongan dan lidah. Urin atau air kencing berwarna sedikit gelap, mata dan kulit berwarna kuning.
  • Bintik merah pada kulit dan bersisik pada telapak tangan dan telapak kaki. Mudah kelelahan, keluarnya keringat di malam hari, serta turunnya berat badan.
  • Demam nyeri pada seluruh tubuh.

 

Beberapa Gejala Pada Wanita

  • Keluarnya cairan yang tidak normal dari saluran kencing seperti keputihan yang banyak, berbau amis, serta
    berwana putih kehijauan.
  • Rasa nyeri ketika buang air kecil atau saat berhubungan seksual. Rasa gatal di alat kelamin atau sekitarnya.
    Adanya lecet, luka kecil yang kadang sakit dan kadang tidak terasa sakit yang disetai dengan adanya proses
    pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Adanya perubahan warna kulit dan mata. Pada wanita, penyakit ini tidak menunjukkan gejala yang tidak jelas atau bahkan tidak mengalami keluhan sama sekali, sehingga wanita mudah menjadi sumber penularan.
  • Komplikasi berupa bartolis, yaitu membengkaknya kelenjar Bartholin sehingga penderita susah jalan karena nyeri. Komplikasi dapat menyebabkan kemandulan, jika ke rongga perut menyebabkan radang di perut dan usus.
  • Sedangkan pada ibu hamil, bila tidak diobati, mata bayi dapat terinfeksi saat melahirkan. Bila tidak cepat ditangani dapat menyebabkan kebutaan.

Segeralah konsultasi dan periksa ke dokter spesialis atau periksa ke klinik kami Klinik Utama Gracia. Klinik kami menawarkan pelayanan medis dengan kualifikasi terbaik, dengan menggunakan teknologi yang canggih serta dokter-dokter yang profesional dan terampil di bidang andrology, ginekologi serta penyakit kelamin. Atau segera
konsultasikan dengan konsultasi medis online kami dengan cara klik tombol dibawah ini.