Apa Itu Penyebab Penyakit Epididimitis

Penyakit epididimitis – Epididimitis adalah peradangan pada bagian saluran reproduksi pria, biasanya terjadi akibat prostat yang telah terinfeksi. Penyakit ini bisa berkembang sebagai komplikasi dari gonorea, sedangkan pada pria yang sudah berusia 35 tahun, penyebab utamanya adalah Chalamydia trachomatis. Epididimitis bisa juga disebabkan oleh infeksi sexual yang sering bergonta ganti pasangan serta tidak menggunakan pengaman seperti kondom,  namun penyebab umumnya  dari penyakit ini adalah infeksi menular dari gonore dan klamidia.

Penyakit epididimitis

Faktor penyebab penyakit epididimitis

• Kelamin yang tidak disunat
  • Pembesaran prostat dan menyebabkan penyumbatan di kandung kemih
  • Masalah structural dalam saluran kemih
  • Penggunaan amiodorane (obat jantung)
  • Infeksi pada saluran kemih, kondisi dimana bakteri menyerang pada bagian system saluran kemih
  • Penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia
  • Tuberkulosis

Gejala penyakit epididimitis

• Keluar darah dan nanah dari dalam ujung penis
  • Terasa sakit saat berhubungan badan dengan pasangan
  • Seringnya buang air kecil dan selalu tidak merasa tuntas
  • Rasa sakit saat akan melakukan buang air kecil dan buang air besar
  • Rasa sakit pada bagian testis
  • Terasa sakit dan bengkak pada bagian skrotum
  • Nyeri pada daerah pinggul
  • Demam ringan
  • Pembesaran kelenjar getah bening di pangkal paha

Diagnosa

Jika anda terkena penyakit ini, dokter atau klinikandrologi akan memeriksa terlebih dahulu pada bagian fisik. Dokter akan mencari testis yang bengkak dan pembengkakan kelenjar getah benih pada daerah selangkangan. Seandainya dokter mencurigai penyakit tersebut disebabkan oleh pembesaran prostat, maka dokter juga akan melakukan pemeriksaan pada bagian dubur.
Dokter akan memindai tubuh anda dengan menggunakan  kamera untuk mendeteksi zat radio aktif dalam tubuh anda, pemindaian ini dapat membantu mendiagnosa torsi testis atau epididimitis pada tubuh anda.