Apa Saja Sih Penyebab Keputihan Patologis

Apa Saja Sih Penyebab Keputihan Patologis

Penyebab Keputihan Patologis – Keputihan adalah musuh bagi kalangan perempuan, keputihan sendiri ada yang normal dan ada yang tidak normal, ada juga keputihan yang berbau tidak sedap dan gatal pada bagian daerah kewanitaan perempuan, keputihan yang abnormal umumnya disebut keputihan patologis.

penyebab keputihan patologis

Baca Juga: Keputihan Bercampur Darah

Keputihan Patologis

Merupakan keputihan yang tidak normal atau abnormal, kenapa disebut tidak normal?. Karena daerah kewanitaan perempuan sudah terinfeksi, adanya benda asing pada vagina. Infeksi bisa diakibatkan oleh adanya virus, jamur ataupun bakteri. Tak hanya itu keputihan jenis ini bisa diakibatkan karena iritasi pada bagian vagina, yang disebabkan oleh alat pembersih vagina, alat kontrasepsi, iritasi saat berhubungan sexual.

Ciri ciri Penyebab keputihan patologis adalah sebagai berikut:

Cairan yang keluar kental dan berwarna putih susu atau kuning kehijauan, tak hanya itu vagina akan terasa gatal, bau tidak sedap. Sehingga membuat wanita yang mengidap penyakit ini merasa tidak nyaman. Berikut kami akan jelaskan secara detail mengenai penyebab keputihan patologis

Baca Juga : Penyebab keputihan dan cara mengatasinya

  1. Stress
    Kondisi psikis pada wanita dapat berpengaruh pada timbulnya keputihan, dan dapat mengakibatkan tidak seimbangnya hormone dalam tubuh, termasuk hormon pada organ reproduksi wanita.
  1. Obat-obatan
    Mengkonsumsi obat-obatan dapat mengakibatkan melemahnya imunitas seseorang, sehingga mudah terinfeksi virus dan bakteri. Selain mengkonsumsi obat-obatan, pil KB juga dapat memicu keputihan dikarnakan dapat menggangu keseimbangan hormone.
  1. Kebersihan
    Kurang nya memperhatikan kebersihan pada organ intim perempuan, dapat juga terkena penyakit keputihan jenis ini. Organ intim yang dapat meningkat kelembaban nya dapat mengakibatkan tumbuhnya bakteri pathogen dan dapat memicu keputihan pada perempuan.
  1. Parasit trichomonas vaginalis
    Yaitu parasite yang dapat menular dari hubungan intim, alat mandi yang sudah terinfeksi parasite dan toilet umum. Ciri-ciri keputihan jenis ini adalah cairan keputihan berwarna kuning pekat atau hijau. Tak hanya itu saja keputihan jenis ini bisa mengeluarkan bau amis yang tidak sedap.

Baca Juga: Mastitis adalah

  1. Virus
    Ada beberapa jenis virus yang dapat memicu timbulnya keputihan jenis ini, yaitu seperti virus HIV/AIDS, condyloma, herpes, dan conyloma. Tak hanya menimbulkan rasa gatal saja, tetapi bisa mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat pada bagian vagina. Keputihan patalogis akibat virus HIV dikarenakan sering nya berganti-ganti pasangan sexual.
  1. Jamur
    Keputihan patologis juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur yang disebut candidas atau monilia, ciri-ciri nya yaitu dapat menimbulkan radang atau kemerahan pada bagian organ intim wanita, dan mengeluarkan cairan kental serta berbau busuk atau tidak sedap.
  1. Bakteri gardnerella
    Bakteri gardnella dapat memicu rasa gatal yang luar biasa terhadap vagina perempuan

Pertolongan pertama pada keputihan patologis yaitu, segeralah berobat ke dokter atau klinikandrologi yang propesional dan memiliki teknologi yang canggih untuk peralatan medisnya.