Cara Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

Cara Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

Cara Melancarkan haid secara alami dan aman dapat ditemui disekeliling kita, baik dari ramuan obat tradisional maupun obat kimia yang tersedia di apotik. Jika Anda merasa memerlukan obat ini, maka langkah yang tepat yaitu mengkonsultasikan dengan permasalahan haid yang sedang dialami ke dokter terlebih dahulu. Berbeda jika Anda tidak yakin dengan efek samping yang ditimbulkan obat tersebut. Anda dapat menggunakan cara melancarkan haid di bawah ini. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa haid yang tak kunjung datang akan membuat
keresahan pada wanita. Hal tersebut dapat ditangani dengan meminimalisir penyebab terjadinya haid.

tips-cara melancarkan haid yang tidak teratur

Selain memperhatikan penyebab haid tidak lancar, ada langkah lain yang harus dilakukan bila menghindari penyebabnya tidak memberikan dampak pada permasalahan haid yang sedang terjadi.Langkah-langkah tersebut, teringkas dalam 2 bagian.

Baca Juga: Makanan Pelancar Haid

Berikut adalah cara melancarkan haid dalam kegiatan sehari-hari;

  • Olahraga Teratur
    Rutin berolahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, selain itu olahraga yang tepat dapat melancarkan haid yang tidak teratur.Lakukan olahraga yang berguna untuk kelancaran menstruasi seperi yoga, jalan kaki, dan joging. Olahraga yang dimaksudkan di sini adalah jenis olahraga yang ringan yang mudah dilakukan.
  • Istrahat yang Cukup
    Istrahat merupakan salah satu peranan yang penting dalam menjaga kebugaran tubuh, selain itu istirahat juga dapat membantu dalam menghindari stress. Jangan terlalu memikirkan hal-hal yang dapat memicu strees, karena hal tersebut tidak baik untuk kelancaran haid. Beristirahatlah untuk memberikan hak tubuh yang telah bekerja keras seharian.
  • Pola Makan Yang Sehat
    Salah satu faktor penting untuk kelancaran menstruasi adalah mengatur pola makan sehat. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan vitamin, serat tinggi dan zat besi sangat berguna bagi kesahatan dan dapat melancarkan haid.
  • Gaya Hidup Sehat
    Gaya hidup sehat akan membantu mendapatkan kesehatan yang prima, tarmasuk juga dapat mengurangi masalah yang sedang anda hadapi saat ini. Oleh sebab itu, hindari merokok, kurangi kafein, hindari alkohol dan yang lainnya yang dapat membuat hidup Anda tidak sehat.

 

Baca Juga: Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

 

Selain mengetahui penyebab haid, melakukan aktivitas yang memperlancar haid, anda juga perlu mengatur makanan yang akan dikonsumsi.Konsumsi dalam jumlah yang banyak dan pilih sesuai kebutuhan.

Inilah beberapa makanan yang dapat melancarkan haid;

  • Buah-Buahan
    Perbanyaklah konsumsi buah-buahan segar yang kaya dengan nutrisi dan vitamin. Salah satu diantara sekian banyak buah-buahan yang dapat membantu anda melancarkan haid adalah buah pepaya dan nanas.
  • Asam Jawa
    Asam Jawa berguna untuk mengencerkan darah haid yang menggumpal, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri haid dan dapat melancarkan haid. Obat alami ini dapat ditemukan di supermarket. Baik yang berbentuk minuman ataupun permen.
  • Cuka Apel
    Cuka apel sangat ampuh mempercepat proses menstruasi anda. Cuka apel ini dapat langsung diminum dengan cara di seduh atau dicampur dengan buah-buahan yang dijadikan sebagi saus salad.

Baca Juga: Tanda Tanda Menstruasi Pada Wanita

 

Konsultasi dengan dokter yang sudah ahli. Klik tombol dibawah ini.