Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebihan

Cara mengatasi keputihan yang berlebihan Keputihan adalah salah satu kondisi yang normal dan biasa dialami wanita pada saat tertentu dimana vagina akan mengeluarkan cairan atau lendir yang encer, bening, tidak gatal dan tidak berbau.

Baca Juga: Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Keputihan merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita pada segala usia, namun jika keputihan tersebut memiliki volume yang berlebih, hal tersebut menjadi hal yang tidak tidak normal. Keputihan berlebihan bisa menjadi pertanda kondisi tubuh tertentu.

Keputihan yang tidak normal sering sekali dialami oleh wanita, hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan wanita. Keputihan yang tidak normal tersebut dapat menjadi gejala infeksi pada organ reproduksi wanita. Salah satu penyebab serta cara untuk mengatasi keputihan yang berlebihan adalah kurangnya menjaga kebersihan pada organ kewanitaan, sehingga menimbulkan jamur. Maka dari itu menjaga kebersihan organ kewanitaan merupakan hal yang penting. Oleh karena itu kita perlu mengetahui, bagaimana cara mengatasi keputihan yang berlebihan.cara mengatasi keputihan yang berlebihan

Baca juga: Makanan penyebab keputihan pada wanita

Berikut cara mengatasi keputihan yang berlebihan, antara lain;

  • Menjaga kelembaban vagina
    Cara untuk mengatasi keputihan yang berlebihan pada wanita yaitu dengan menjaga kelembaban vagina. Hal tersebut berguna untuk menghindari rasa tidak nyaman pada organ reproduksi akibat dari keputihan yang berlebih.
  • Menjaga kebersihan toilet
    Dengan selalu menjaga kebersihan toilet maka dapat mengatasi keputihan yang berlebih. Hal tersebut dikarenakan keputihan dapat terjadi akibat dari infeksi bakteri, sedangkan bakteri dan kuman banyak pada area toilet.Solusinya dapat diatasi dengan menggunakan cairan antiseptik atau cairan pembersih, agar bakteri tidak menempel pada kulit sekitar vagina.
  • Menjaga keberisihan alat reproduksi pada wanita
    Dengan menjaga alat reproduksi wanita dengan baik dan benar merupakan salah satu cara untuk mengatasi keputihan yang berlebihan atau tidak normal. Untuk cara membersihkan vagina sebaiknya dilakukan dengan mengusapa lembut vagina dari depan ke belakang, hal tersebut dilakukan untuk menghindari bakteri yang menyebar dari anus.
  • Konsumsi daun sirih
    Cara untuk mengatasi keputihan yang berlebihan juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami seperti daun sirih. Keputihan yang diakibatkan karena infeksi bakteri dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih. Caranya yaitu dapat dilakukan dengan merebus daun sirih untuk dikonsumsi atau digunakan untuk membersihkan vagina.
  • Hindari stress
    Kenyataannya, selain membuat kepala pusing, stress juga dapat mengakibatkan terjadinya keputihan yang berlebih. Stress dapat terjadi karena adanya masalah dalam hidup. Oleh karena itu menghindari stress merupakan salah satu langkah atau cara untuk mengatasi keputihan yang berlebihan terbaik untuk menghindari timbulnya rasa ketidaknyamanan pada organ reproduksi akibat keputihan berlebih.

Baca Juga: Ciri ciri keputihan normal

Demikanlah beberapa cara mengatasi keputihan yang berlebihan. Jika anda mengalami keputihan yang tidak normal, segeralah lakukan pengobatan dengan cepat. Karena jika dibiarkan, akan menimbulkan berbagai penyakit yang mungkin tanda awalnya keputihan yang berlebih. Untuk konsultasi mengenai keputihan dan penyakit organ intim lainnya bisa klik tomol dibawah ini.