Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Pada Wanita Hamil

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Pada Wanita Hamil

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil – Normalnya biasanya seseorang bisa melakukan buang air kecil kurang lebih dua sampai tiga kali sehari dengan konsumsi makanan dan minuma yang standar. Sering buang air kecil dapat disebabkan karena banyak minum atau merupakan pertanda adanya masalah kesehatan. Untuk mengatasinya perlu diketahui terlebih dahulu penyebab yang mendasari keluhan kamu.

cara mengatasi sering buang air kecilBila anda mengalami frekuensi tinggi sering buang air kecil, anda harus segera melakukan pengobatan dan pencegahan sedini mungkin. Jangan anggap sepele gejala sering kencing ini, karena dapat menyebabkan penyakit yang lebih seurius dan berbahaya. Namun anda tidak perlu bingung dan khawatir. Berikut kami rangkum beberapa cara untuk mengatasi sering buang air kecil.

Baca Juga: Penyebab sering buang air kecil pada wanita

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil

  • Menjaga Berat Badan
    Cara mengatasi sering buang air kecil yang pertama dengan cara meenjaga berat tubuh. Setiap orang memiliki kekuatan fisik yang berbeda-beda, ada baiknya selalu berhati-hati dalam melakukan aktifitas fisik. Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan yang anda percaya. Itu merupakan salah satu cara mudah untuk mengatur berat badan agar tidak berlebih dan sesuaikan dengan usia kehamilan anda yang dapat membuat keseimbangan dalam tekanan kandung kemih.
  • Lakukan senam kegel
    Dengan senam kegel, dapat mengurangi ataupun mengatasi rasa ingin buang air kecil secara terus menerus. Cara untuk mengatasi sering buang air kecil ini perlu dilakukan sehingga dapat memperkuat otot disekitaran pinggul. Menurut para pakar kesehatan, lakukan senam kegel tiga set sehari atau minimal lima belas gerakan senam kegel.
  • Pelatihan kandung kemih
    Cara untuk mengatasi sering buang air kecil dengan melatih kandung kemih. Lakukan metode menahan untuk buang air kecil sesaat, tapi jangan terlalu lama. Hal tersebut merupakan cara mengatasi buang air kecil. Sebenarnya metode ini pada dasarnya hanya melatih kandung kemih. Anda dapat mengatur buang air kecil sebelum terjadi persalinan.
  • Menyilangkan kaki
    Cara untuk mengatasi sering buang air kecil berikutnya yaitu dengan menyilangkan kaki, juga menjadi cara mengatasi buang air kecil. Apabila anda sedang dalam keaadang batuk, tertawa, bersin, sehingga tidak dapat menahan kencilng sebaiknya lakukan posisi menyilangkan kaki untuk dapat mencegah terjadinya kebocoran atau ngompol, baik dalam posisi duduk ataupun berdiri. Hal ini dapat anda lakukan bila terdesak karena jauh dari toilet.
  • Jaga pola makan
    Cara untuk mengatasi sering buang air kecil berikutnya yaitu dengan menjaga pola makan. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat iritasi pada kandung kemih seperti minuman bersoda, buah jeruk, tomat, alkohol, dan lain-lain. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan tersebut. Hal itu dilakukan karena menjaga pola makan juga termasuk cara untuk mengatasi sering buang air kecil.
  • Minum air putih yang cukup
    Minum air putih yang cukup dapat menjadi cara untuk mengatasi sering buang air kecil. Minum minimal 9 gelas air putih setiap hari akan berdampak sangat baik bagi kesehatan anda. Akan tetapi pada ibu hamil, itu justru akan membuat sering buang air kecil. Dengan mengurangi porsi minum yang telah dianjurkan ternyata malah berdampak buruk yang dapat membuat infeksi saluran kemih dan memicu terjadinya dehidrasi.
  • Jangan menahan rasa ingin buang air kecil terlalu lama
    Cara mengatasi sering buang air kecil yang terakhir yaitu dengan tidak menahan kencing terlalu lama. Apabila anda ingin buang air kecil, segera lakukanlah, terlebih jika jarak toilet tersebut dekat dengan anda. Jangan menunda untuk buang air kecil walaupin hanya sedikit air kencing yang anda keluarkan karena air seni yang mengendap pada kandung kemih dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih.

Demikian beberapa cara mengatasi sering buang air kecil. Jika anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin serta sistem reproduksi, segeralah pergi ke dokter. Klinik Gracia menjadi rekomendasi untuk anda karena memiliki dokter serta staff medis yang berkompeten di bidangnya. Untuk anda yang sekedar ingin konsultasi, staff medis kami akan membantu dan menerima keluhan anda. Klik tombol dibawah ini.