Cara Menyembuhkan Anyang anyangan

Cara Menyembuhkan Anyang anyangan

Klinik Andrologi – Pernahkah kamu merasakan nyeri ketika buang air kecil atau yang pada umumnya dikenal dengan anyang-anyangan? Rasa nyeri itu yang membuatmu merasa tidak nyaman. Berikut pembahasan mengenai cara menyembuhkan anyang anyangan.

cara menyembuhkan anyang anyangan

Anyang-anyangan memang bukan merupakan suatu penyakit akut yang dapat membahaykan atau mengancam keselamatan jiwa. Akan tetepi, pada saat sedang mengalami anyang-anyangan tersebut memang sangat mengganggu serta membuat tidak nyaman.

Anyang-anyangan merupaka suatu kondisi dimana rasa nyeri ketika buang air kecil. Umumnya ini terjadi karena adanya infeksi pada saluran kencing atau karena penyebab lainnya.

Penyebab Anyang Anyangan

Tahukah kamu apa yang menjadi penyebab anyang-anyangan? Ya, kita harus tahu dan paham apa penyebab anyang-anyangan tersebut agar bisa mencegahnya.

  • Kekuranga cairan atau dehidrasi
    Secara sederhana penyakit anyang-anyang ini disebabkan karena minum air yang hanya sedikit sehabis pulang dari tempat dengan cuaca yang cukup panas. Hal tersebut dapat memicu terjadinya kekurangan cairan atau dehidrasi, sehingga timbulah rasa nyeri saat buang air kecil atau biasa disebut anyang-anyangan.
  • Infeksi
    Anyang-anyangan juga dapat disebabkan oleh penyakit lain seperti infeksi saluran kemih, gangguan prostat atau gejala penyakit kelamin.

Beda penyakit ayang-ayangan yang disebabkan karena dehidrasi dengan penyakit lain seperti penyakit infeksi saluran kemih adalah, jika anyang-anyang akibat dehidrasi, maka durasi atau lama penyakitnya hanya kurang lebih selama satu jam atau sehari, besoknya sudah bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi jika disebabkan karena gejala infeksi saluran kemih, maka bisa berhari-hari tidak sembuh. Jika sudah menunjukkan gejala seperti itu, segeralah periksakan diri anda ke dokter. Sebelum penyakit infeksi saluran kemih anda semakin parah.

Baca Juga: Penyebab Anyang Anyangan Pada Pria

Cara menyembuhkan anyang ayangan yang paling praktis adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih. Selain untuk menyuplai kebutuhan cairan tubuh, juga dapat menjaga dehidrasi berkepanjangan. Adapun cara praktis lainnya dengan jangan menahan-nahan buang air kecil. Karena bila ditahan semakin sakit di saluran kemih.

Beberapa Gejala Anyang anyangan

Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan.

  • Hasrat ingin buang air kecil secara terus-menerus.
  • Volume air yang keluar saat buang air kecil yang sedikit.
  • Rasa nyeri pada panggul, kadang juga rasa nyeri pada anus.
  • Rasa nyeri ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam.

Baca Juga: Penyebab Impotensi Pada Pria

Cara Menyembuhkan Anyang anyangan

  • Cara menyembuhkan anyang anyangan dengan banyak minum air
    Minum banyak air merupakan hal yang bermanfaat jika kamu mengalami anyang-anyangan yang dikarenakan dehidrasi. Selain dapat mengatasi anyang-anyangan, minum air putih juga banyak berguna bagi kesehatan bagi tubuh kita.
  • Cara menyembuhkan anyang anyangan dengan minum air jeruk nipis
    Air peruasan jeruk nipis dan sedikit air hangat dapat meredakan rasa nyeri pada anyang-anyangan.
  • Cara menyembuhkan anyang anyangan dengan minum daun kumis kucing
    Sama hal nya dengan air perasan jeruk nipis. Daun kumis kucing juga dapat menjadi pereda rasa nyeri pada anyang-anyangan.
  • Cara menyembuhkan anyang anyangan dengan memijat telapak kaki
    Pijat bagian tengah telapak kaki dengan arah vertikal serta pada bagian ibu jari atau jari tengah. Lakukan pemijatan pada kedua telapak kaki dengan gerakan yang lembut dan teratur. Maka anyang-anyangan yang kamu rasakan dapat segera teratasi.
  • Cara menyembuhkan anyang anyangan dengan minum air yang bersoda
    Dalam beberapa kasus anyang-anyangan, minum minuman yang bersoda dapat menghilangkan rasa nyeri saat anyang-anyangan.
  • Cara menyembuhkan anyang anyangan dengan mengikat jempol kaki dengan karet
    Konon katanya, dengan mengikat jempol kaki dengan karet maka rasa nyeri pada anyang-anyangan akan teratasi. Cara ini merupakan cara yang paling banyak dilakukan masayarakat Indonesia, Jakarta khususnya.