Ciri Ciri Keputihan Normal

Ciri Ciri Keputihan Normal

Ciri Ciri Keputihan Normal – Semua para wanita pasti pernah mengalami keputihan. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi. Terdapat dua jenis keputihan yakni, keputihan normal dan keputihan abnormal (tidak normal).

Memiliki siklus menstruasi yang lancar dan teratur merupakan salah satu hal yang melatar belakangi keputihan normal. Pada umumnya keputihan normal terjadi pada saat sebelum dan sesudah menstruasi. Selain itu ada juga dikarenakan faktor kelelahan fisik.

ciri ciri keputihan normal

Baca Juga: Penyebab Keputihan Berwarna Kuning Kental
Secara normal lama menstruasi yakni 7 hari, kemudian beberapa hari setelah masa menstruasi itu berakhir akan muncul keputihan berikutnya yang menandakan bahwa darah menstruasi belum tuntas. Darah menstrusi akan bercampur dengan keputihan dengan warna agak cokelat muda. Beberapa hari kemudian cairan keputihan tersebut berubah menjadi cairan putih bening, tidak berbau dan tidak berbekas. Dalam hal ini dianjurkan untuk menggunakan panty liner, karena setelah masa menstruasi selesai, keputihan akan banyak dan berlangsung antara 3-5 hari setiap wanita berbeda-beda tergantung respon tubuh dan hormon dalam tubuhnya.

 

Berikut adalah ciri ciri keputihan normal ;

 

  • Tidak Berbau
    Keputihan yang normal umumnya tidak menimbulkan bau yang tidak enak atau bau yang menyengat. Dalam mengalami keputihan, ada beberapa hal yang harus selalu diperhatikan, apakah keputihan tersebut bersifat normal atau abnormal. Karena apabila mengalami keputihan abnormal/tidak normal maka bisa berbahaya dan dapat menimbulkan resiko seperti datangnya penyakit kanker serviks. Jadi jangan pernah menganggap remeh penyakit keputihan tersebut.

 

  • Tidak lengket
    Ciri ciri keputihan normal pada wanita adalah tidak lengket, sedangkan yang tidak normal dapat menimbulkan lengket bila dipegang. Penyakit keputihan ini perlu diwaspadai, agar tidak mudah mengalami penyakit ini. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan organ intim dengan baik perlu dilakukan agar penyakit keputihan tidak dengan mudah menyerang para wanita.

 

  • Tidak Berwarna hijau, coklat, atau kuning
    Penyakit keputihan memiliki cairan yang putih, dan itulah yang masuk kedalam kategori ciri ciri keputihan normal pada wanita. Dan jika keputihan tersebut memiliki warna, seperti berwarna coklat, hijau atau kuning maka dapat dipastikan bahwa keputihan yang dialami tersebut merupakan keputihan yang tidak normal(abnormal). Kita wajib berhati-hati dalam masalah ini, karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit keputihan.

 

  • Tidak berair
    Pada umumnya, ciri ciri keputihan normal pada wanita yaitu tidak berair. Dan apabila keputihan tersebut berair, berarti keputihan yang dialami merupakan keputihan yang tidak normal(abnormal).

 

  • Tidak terdapat daging yang menggumpal
    Ciri ciri keputihan normal pada umumnya tidak terdapat daging yang menggumpal. Keputihan yang terdapat daging yang menggumpal masuk kedalam kategori keputihan tidak normal(abnormal). Dalam mengatasi penyakit ini bisa dengan obat keputihan yang berbahan dasar herbal atau tradisional, tapi ada baiknya sesuai dengan anjuran dokter.

 

  • Volume cairan yang keluar tidak berlebihan / terlalu banyak
    Jika terlalu banyak mengeluarkan cairan dari organ intim saat keputihan, itu merupakan keputihan tidak normal. Keputihan yang normal umumnya mengeluarkan carian bervolume sedikit.

 

  • Tidak menimbulkan rasa gatal
    Salah satu ciri ciri keputihan normal adalah tidak menimbulkan rasa gatal pada bagian intim. Rasa gatal pada bagian intim saat keputihan terjadi dapat menyebabkan penyakit keputihan.

 

Baca Juga: Penyebab Keputihan Dan Cara Mengatasinya

 

  • Tidak menignaalkan bekas pada celana dalam
    Salah satu ciri ciri keputihan normal yakni tidak meninggalkan bekas pada celana dalam Anda, hanya pada awalnya sedikit terasa lembab dan tidak nyaman. Jika pada keputihan tidak normal akan meninggalkan bekas bercak berwarna kuning apabila celana dalam keadaan kering.

 

  • Tidak menimbulkan rasa nyeri pada panggul
    Tidak menimbulkan rasa nyeri pada panggul,mungkin sedikit rasa tidak nyaman. Akan tetapi sebagian wanita akan merasakan denyutan kecil pada vagina ketika mengeluarkan cairan keputihan. Denyutan tersebut diartikan sebagai vagina mengalami ereksi.