Ciri Ciri Pria Mandul

Ciri Ciri Pria Mandul

Ketidakmampuan dalam mengahsilkan kehamilan atau keturunan merpuakan ciri ciri pria mandul yang paling utama. Mungkin tidak ada tanda-tanda atau gejala yang jelas. Dalam beberapa kasus hal ini dapat di kaitkan dengan kelainan bawaan, ketidak seimbangan hormonal, pembuluh darah yang melebar di sekitar testis, atau merupakan suatu kondisi yang menghalangi sperma. Istilah medis pria mandul adalah infertilitas pria.

ciri ciri pria mandul 32

Baca juga: Impotensi adalah

Pada dasarnya ciri ciri pada pria mandul tidak dapat dijabarkan atau diprediksi dengan tepat. Namun, beberapa ahli mengatakan dapat dilihat dari pola hidup. Jika pria yang memiliki pola hidup yang baik maka resiko kemandulan pun akan kecil, akan tetapi jikalau pola hidupnya buruk maka kemandulan dapat menyerang pada pria tersebut. Karena pola hidup yang buruk akan memberikan dampak yang buruk pula pada produktivitas sperma.

Kondisi testis yang tidak turun merupakan beberapa kondisi lain yang juga dapat menjadi pengaruh terhadap produksi sperma, lubang sperma terletak dibawah testis (hipospadia), pembengkakan testis dan operasi hernia. Testis merupakan tempat meprokdusikan sperma serta menyalurkan sperma, maka dari itu kondisi seperti ini harus segera ditangani dengan tepat.

Sperma merupakan peranan penting terhadap kesehatan pada pria. Jadi segala sesuatu yang dapat mempengaruhi produksi sperma beresiko besar mengalami kemandulan (infertilitas). Oleh karena itu, para pria yang belum mendapatkan keturunan harus segera melakukan pemeriksaan fisik serta test sperma untuk memastikan penyebab kemandulan tersebut.

Pada tes sperma, hal ini betujuan untuk mengetahui kualitas serta gerakan sperma. Pria yang subur mampu mengeluarkan sperma lebih dari 15 juta per militer air mani. Tentunya tidak semua pria sama takarannya. Semakin sedikitnya jumlah sperma yang dapat dikeluarkan maka dapat menjadi kemungkinan beresiko kemandulan.

Jika jumlah sperma yang dapat dikeluarkan banyak, tetapi tidak ditunjang dengan kualitas sperma yang baik, maka tetap saja hal tersebut dapat beresiko kemandulan. Sperma dengan kualitas baik adalah sperma yang berbentuk oval dan memiliki ekor yang panjang. Semakin banyaknya bentuk sperma yang tidak normal (teratozoosperma) maka peluang terjadinya pembuahan semakin menipis. Kondisi ini juga termasuk ciri ciri pria mandul.

Pembuahan sel telur dapat dilakukan apabila didukung dengan jumlah sperma yang dapat dikeluarkan serta sperma yang memiliki kualitas yang baik. Pendukung lain adalah aktifnya suatu sperma, paling tidak harus ada kurang lebih 40% sperma yang aktif dan baik serta mampu bergerak lincah. Gerakan sperma yang buruk juga bagian dari ciri-ciri pada pria mandul.

Ciri Ciri Pria Mandul Pada Umumnya

Perokok
Pria perokok akan beresiko mengalami kemandulan. Penyebabnya kandungan nikotin pada rokok tersebut dapat mengurangi jumlah sperma, kualitas serta gerakan sperma.

Orang Yang Aktif Minum Minuman Beralkohol
Terlalu banyak minum minuman beralkohol akan berdampak terhadap kesehatan fungsi hati. Tidak hanya itu, alkohol juga tidak baik untuk kesehatan reproduksi. Pria yang mengkonsumsi alkohol secara berlebihann akan berakibat buruk terhadap kualitas sperma, hal tersebut menyebabkan terganggunya produksi hormon testosterone dan terjadi penyusutan atrofi testis.

Obesistas
Obesitas atau kelebihan berat badan dapat mempengaruhi peredaran darah ke penis. Keadaan ini dapat mengakibatkan pria mengalami impotensi atau ejakulasi dini. Selain itu kondisi tubuh yang berlebih dapat mempengaruhi kualitas dan jumlah sperma.

Baca juga: Cara mengatasi impotensi pada pria

Berikut ini beberapa ciri ciri pria mandul lainnya;

  • Sulit ejakulasi
  • Volume sperma yang terlalu sedikit
  • Tidak adanya hasrat seksual
  • Disfungsi ereksi atau kondisi dimana tidak mampu untuk mempertahankan ereksi
  • Rasa nyeri atau bekak / adanya benjolan di daerah testis
  • Kelainan hormonal