Ciri Ciri Radang Panggul Yang Harus Kamu Ketahui

Ciri Ciri Radang Panggul Yang Harus Kamu Ketahui

Ciri ciri radang panggul – Pelvic Inflamatory atau yang biasa kita kenal dengan penyakit radang panggul merupakan suatu kondisi peradangan atau infeksi pada organ yang terdapat pada panggul wanita. Organ panggul tersebut termasuk uterus atau rahim, tuba falopi atau saluran telur, indung telur dan juga leher rahim.ciri ciri radang panggul

Baca Juga: Apa itu pap smear?

Radang panggul adalah suatu infeksi organ reproduksi wanita yang merupakan komplikasi yang terjadi dan disebabkan oleh beberapa penyakit menular seksual (PMS), seperti klamidia dan juga gonore. Gejala yang paling umum dialami oleh wanita diantaranya sakit pada perut bagian bawah, demam, keputihan dan lain lain.

Untuk mencegah atau mengobati penyakit ini sejak dini, maka dari itu kita harus tahu apa yang menjadi penyebab serta ciri ciri dari radang panggul itu sendiri. Sehingga jika muncul suatu ciri ciri tersebut, dapat kita konsultasikan ke dokter dengan cepat atau sejak dini.

Ciri Ciri Radang Panggul

Diagnosis radang panggul biasanya didasarkan pada kombinasi dari sejarah medis, pemeriksaan fisik, dan juga hasil tes lainnya. Mungkin seseorang itu sendiri tidak menyadari bahwa ia mengalam penyakit ini, karena gejala atau ciri ciri pada radang panggul itu sendiri ringan, atau bahkan tidak mengalami gejala atau ciri ciri pada radang panggul sama sekali.

Namun, jika ciri ciri radang panggul itu dirasakan terjadi, maka seperti inilah ciri ciri radang panggul tersebut;

  • Rasa nyeri pada perut bagian bawah.
  • Terjadi keputihan yang berbau tidak sedap dan cairan keputihan tidak biasa.
  • Demam.
  • Sensasi terbakar atau rasa pedih / panas ketika buang air kecil.
  • Rasa nyeri atau adanya pendarahan ketika melakukan hubungan intim atau seksual.
  • Pendarahan terjadi di antara periode menstruasi.

Jika anda mengalam ciri ciri pada radang panggul seperti di atas, maka segera periksa atau konsultasikan penyakit anda pada dokter kewanitaan untuk mendapatkan kepastian diagnosis dan pengobatan secepatnya.

Apa akibatnya jika penyakit ini tidak segera diobati?

Jika anda telah mengalami gejala atau ciri ciri pada radang panggul serta dokter sudah mendiagnosa anda terkena penyakit radang panggul, namun tidak segera diobati maka akan mengakibatkan timbulnya komplikasi antara lain;

  • Pembentukan jaringan parut balik di luar maupun di dalam saluran tuba yang dapat menyebabkan penyumbatan tuba.
  • Kehamilan ektopik ata kehamilan di luar rahim.
  • Infertilitas atau ketidakmampuan untuk hamil.
  • Rasa nyeri pada perut atau panggul dalam jangka panjang.

ciri ciri radang panggulBagaimana tidak penting? penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi yang dapat mengakibatkan kaum wanita menderita atau bahkan dapat merampas kebahagiaan wanita seperti terjadinya pembentukan jaringan perut baik di luar maupun di dalam saluran tuba yang bisa saja menyebabkan penyumbatan saluran tuba, kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim), infertilitas (ketidakmampuan untuk hamil), nyeri perut atau panggul jangka panjang. Oleh sebab itu ciri ciri pada radang panggul ini perlu diketahui agar kita dapat segera melakukan penanganan yang tepat sebelum terjadinya komplikasi tersebut.

Baca Juga: Uretritis adalah

Demikianlah Ciri ciri radang panggul yang biasa terjadi dan dialami sebagai pertanda adanya penyakit radang panggul yang sedang menyerang. Dan jika anda ingin segera sembuh dari penyakit radang panggul, namun belum menemukan solusi yang tepat, jangan khawatir, konsultasikan keluhan anda pada staff medis kami. Klik tombol dibawah ini.