Fistula Ani

Fistula Ani

Klinik Andrologi –¬†Apakah anda merasakan nyeri pada anus dan mungkin pada beberapa waktu terdapat lendir atau darah ketika buang air besar? hal tersebut merupakan gejala fistula ani.

Apa itu Fistula Ani?

Fistula ani adalah suatu kondisi gangguan medis yang ditandai dengan kelainan pada area anus. Dimana pada kondisi tersebut saluran anus dapat mengalami kondisi pembengkakan yang dapat meluas pada kulit disekitar anus. Sehingga fistula tersebut dapat terligat seperti sebuah lubang yang dapat menyebabkan rasa nyeri serta pendarahan jika terjadi pergerakan pada usus besar.

fistula ani

Baca juga: Pengertian penyakit menular seksual adalah

Umumnya fistula ini disebabkan oleh abses atau kumpulan nanah yang telah terakumulasi di lubang anus. Nanah dapat keluar sendiri melalui kulit atau dengan cara operasi. Fistula dapat terjadi ketika jalur yang dibuat oleh nanah dalam perjalanan ke permukaan kulit, tetap terbuka dan tak mau menutup.

Fistula dapat disebabkan oleh luka. Kondisi tersebut mungkin dapat berkembang pada waktu yang sama seperti cidera atau setelah menderita infeksi. Fistula juga dapat terjadi ketika mengalami sembelit atau susah buang air besar. Yang mana tinja atau kotoran terasa sulit keluar karena fases terlalu besar atau keras. Atau bisa juga disebabkan karena aktivitas seksual yang mana melakukan seks yang tidak aman seperti anal seks.

Fistula Ani Dapat Menyebabkan

  • Rasa sakit ketika buang air besar.
  • Pembengkakan, rasa nyeri atau berdarah di sekitar anus.
  • Demam atau kedinginan.
  • Merasaa kelelahan.

Penyakit ini disebabkan oleh peradangan pada anus dan juga lubang anus. Retak atau robek mungkin karena fases yang keras atau diare yang berulang. Memasukkan termometer rektal ke dalam anus, menyelidiki atau endoskopi dapat mengakibatkan peradangan yang menyebabkan sebuah retakan, atau dapat saja karena praktik anal seks tanpa menggunakan pelumas adalah sumber potensial lain dari cidera pada anus.

Pada umumnya fistula disebabkan oleh infeksi pada kelenjar anus yang dapat menyebabkan timbulnya nanah. Lalu kemudian, penyakit ini membentuk saluran di bawah permukaan kulit yang terhubung pada kelenjar yang terinfeksi. Jika tidak dapat kering dengan sendirinya, nanah tersebut harus dikeluarkan dengan cara melakukan operasi.

Baca juga: Pinggang kanan sakit

Anda perlu waspada jika mengalami hal hal berikut ini. Hal ini bisa jadi adalah salah satu gejala pada fistula.

  • Iritasi kulit pada area sekitar anus.
  • Rasa sakit yang terus-menerus dan menganggu saat duduk, bergerak, batuk, serta buang air besar.
  • Terdapat lendir atau darah yang keluar saat buang air besar.

Mengatasinya

Segeralah lakukan konsultasi ke dokter. Mungkin sang dokter akan merujukkan and ke dokter bedah pencernaan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan anus dengan proktoskopi, yaitu teleskop untuk melihat ke dapam anus. Apabila memand diduga terdapat fistula, dokter akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan endosonografi.

fistula ani Klik chat