Fungsi Epididimis Adalah

Fungsi Epididimis Adalah

Fungsi Epididimis Adalah – Epididimis (Epididymis) adalah saluran yang seperti gulungan yang terletak di belakang testis. Epididymis berperan dalam mengumpulkan dan menyimpan sperma sebelum ejakulasi. Peradanga epididymis adalah epididimitis.

fungsi epididimis adalah

Baca juga: Phimosis adalah

Fungsi Epididimis Adalah

Epididymis merupakan saluran eksternal pertama testis yang menyatu secara longitudinal pada permukaan testis dan terbungkus dalam tunika vaginalis bersama dengan testis. Daerah datar di puncak testis adalah caput atau kepala dari epididymis yang mana dua blas sampai lima belas saluran kecil, vasa efferentia, menyatu menjadi satu saluran kecil. Corpus atau badan memanjang sepanjang sumbu longitudinal dari testis dan satu saluran tunggal yang memiliki hubungan sampai pada cauda atau ekor. Total panjang saluran ini sekitar tiga puluh empat meter pada sapi dan lebih panjang lagi pada babi hutan, dan juga kuda.

Trasnportasi
Epididymis berfungsi untuk mengangkut spermatozoa. Beberapa faktor berkontribusi terhadap gerakan spermatozoa melalui epididymis. Salah satu faktor adalah tekanan dari produksi spermatozoa. Spermatozoa diproduksi dalam tubulus semineferus, yang mana spermatozoa ini diperiksa keluar melalui testis dan vasa efferentia ke epididymis. Spermatozoa ini diproduksi di dalam tubulus semineferus, dimana spermatozoa ini dipaksa keluar melalui testis dan vasa efferentia ke epididymis. Lapisan epididymis ini berisi beberapa sel epitel bersilia, namun peran dari silia ini dalam memfasilitasi pergerakan spermatozoa dibantu oleh ejakulasi. Selama ejakulasi, kontraksi peristaltik yang melibatkan lapisan otot polos epididymis dan tekanan negatif sedikit dibuat oleh kontraksi peristaltik dari vas deferens dan uretra aktif bergerak spermatozoa dari epididymis ke dalam vas deferens dan uretra.

Konsentrasi Spermatozoa
Spermatozoa masuk ke dalam epididymis dari testis berkonsentrasi relatif sekitar 100 juta spermatozoa/ml. Pada epididymis konsentrasinya meningkat sekitar 4 x 109 spermatozoa/ml. Konsentrasi ini terjadi sebagai cairan, yang diserap sel-sel epitel dari epididymis.

Penyimpanan
Epididymis memiliki fungsi untuk penyimpanan spermatozoa. Umumnya, spermatozoa disimpan dalam cauda epididymis.

Maturasi
Fungsi lain epididymis adalah meatangan spermatozoa. Saat spermatozoa baru terbentuk masuk ke caput dari vasa efferentia, spermatozoa tersebut tidak memiliki kemampuan motilitas ataupun kesuburan.

Baca juga: Prostatitis adalah

Demikianlah sedikit ulasan mengenai fungsi epididymis. Jadi fungsi epididimis adalah sebagai alat pengangkutan, penyimpanan, dan juga pematangan sperma. Jika anda memiliki keluhan seputar andrologi, ginekologi, serta penyakit kelamin, segeralah konsultasikan dengan kami, dengan cara klik pada gambar dibawah ini.

Klik chat