Fungsi Kandung Kemih Pada Manusia

Fungsi Kandung Kemih Pada Manusia

Fungsi Kandung Kemih Pada Manusia – Kandung kemih / kantong kemih merupakan organ tubuh yang mengumpulkan air kencing yang dikeluarkan oleh ginjal sebelum dibuang. Air kencing memasuki kantong kemih lewat ureter dan keluar lewat uretra.

fungsi kandung kemih

Baca juga: Infeksi saluran kencing pada pria

Pada wanita, kantong kemih itu sendiri terletak antara rahim dan vagina. Dan pada pria, kantong kemih terletak disebrang rektum. Kantong kemih memiliki beberapa lapisa dalam mukosa yang tahan penyerapan, sehingga kantong kemih tidak bocor. Lapisan kedua terdiri dari jaringan elastis ikat yang memberikan peregangan, dan lapisan otot tebal luar, otot detrusor, dan mengontrol kontraksi kantong kemih.

Fungsi Kandung kemih

Berikut ini merukapakan beberapa fungsi kantong kemih;

Penyimpanan
Fungsi kantong kemih ini adalah tempat untuk penyimpanan urin yang dikeluarkan oleh ginjal. Ini merupakan fungsi utama kantong kemih. Kantong kemih tersebut merupakan salah satu organ yang berperan dalam sistem ereksi yakni sistem pengeluaran yang berupa urin. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan diserap oleh tubuh. Umumnya, kantong kemih mampu menampung sekitar 2 – 4 cangkir.

Kantong kemih memiliki saluran ke uretra, di mana urin dieksresikan dari tubuh. Saluran pada kantong kemih ini dikendalikan oleh sfingter uretra internal, otot melingkar yang terletak antara leher kantong kemih dan uretra. Sphincter ini sangat penting, karena tanpa adanya sphincter, kantong kemih tidak akan mampu untuk menyimpan urin, urin bukan hanya akan terus melewati kantong kemih dan keluar tubuh.Dinding kantong kemih mampu merenggang. Hal tersebut membuatnya menjadi tempat penyimpanan yang baik.

Kontraksi
Ketika kantong kemih mengembang, peregangan reseptor akan mengirim pesan ke pusat kemih (buang air kecil) refleks pada bagian bawah sumsum tulang belakang, yang pada gilirannya mengirimkan implus kembali sepanjang syaraf motorik ke otot detrusor, sinyal untuk berkontraksi. Otot detrusor mulai berkontraksi secara ritmis, menyebabkan rasa urgensi.

Ketika kantong kemih terisi sekitar setengah cangkir air seni, maka akan terjadi peregangan reseptor atau syaraf pada dinding kantong kemih dan mengirim pesan tersebut ke otak. Umumnya, orang mulau merasa ketidaknyamanan ketika kantong kemih menampung sekitar secangkir air seni. Dan kebanyakan orang juuga dapat menunggu antara 1 – 4 jam antara buang air kecil.

Buang Air
Syaraf motorik dapat memberikan sinyal pada otot sfingter internal perpanjan dari otot detrusor yang membungkus sekitar pembukaan uretra, untuk rileks. Namun, otot sphincter eksternal di bagian bawah uretra berada di bawah kontrol sadar, sehingga perlu dilakukan pencegahan buang air kecil sampai sadar mengendurkan otot sfingter eksternal.

Pemulihan
Saat mengosongkan kantong kemih, urin saraf motorik menghentikan pengiriman pesan berkontraksi, dan otot detrusor rileks, melipat dan menyusut sampai mulai mengisi dengan air kencing lagi dan siklus berulang.

Baca juga: Obat alami infeksi saluran kencing

Demikianlah sedikit ulasan mengenai fungsi kandung kemih. Jika anda merasakan gejala atau kejanggalan pada kantong kemih, ada baiknya untuk segera pergi atau konsultasikan dengan dokter untuk pengambilan tindakanan serta pengobatan yang tepat. Klik tombol dibawah ini untuk konsultasi secara online.