Gangguan Menstruasi Atau Haid Yang Sering Terjadi Pada Wanita

Gangguan Menstruasi Atau Haid Yang Sering Terjadi Pada Wanita

Gangguan Menstruasi – Menstruasi atau haid merupakan suatu tanda bahwa wanita telah beranjak dewasa. Terjadinya menstruasi tersebut dapat dipengaruhi oleh otak pada bagian yang bernama hipotalamus.

Menstruasi secara normal dapat terjadi pada seseorang yang sudah memasuki usia antara 10 sampai 16 tahun. Namun, hal tersebut juga tergantung beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya menstruasi seperti faktor kesehatan, nutrisi, dan lainnya. Dalam siklus menstruasi normal umumnya 28 hari. Namun hal tersebut juga tidak menjadi acuan. Semua itu tergantung pada faktor kondisi serta kesehatan setiap wanita yang berbeda-beda.

Wanita yang mengalami menstruasi tentu saja akan mengalami banyak gangguan. Ada banyak gangguan menstruasi, termasuk rasa nyeri saat menstruasi, pendarahan berat, dan menstruasi tidak kunjung datang. Masih banyak gangguan datang bulan lainnya, namun tiga hal tadi merupakan gangguan yang umum terjadi pada wanita.

Baca Juga: Cara Memperlancar Menstruasi

Gangguan Menstruasi / Haid

Berikut ini beberapa gangguan saat menstruasi yang paling sering terjadi pada wanita.

Rasa nyeri saat haid atau datang bulan
gangguan menstruasi haidNyeri menstruasi akan terasa seperti kram saat datang bulan pada wanita disebabkan karena terlalu banyak bahan kimia yang disebut prostaglandin. Umumnya hal ini tidak menyebabkan suatu penyakit yang serius meskipun terjadi kram yang parah. Pada wanita yang lebih tua, rasa sakit ini tak jarang disebabkan oleh penyakit atau kondisi seperti fibroid rahim atau endometriosis.

Pada beberapa wanita, manggunakan kompresan air hangat atau mandi dengan air hangat akan membantu meringankan rasa nyeri menstruasi. Beberapa obat-obatan juga dapat membantu meringankan gejala nyeri menstruasi tersebut, namun pemakaian obat-obatan yang baik seharusnya atas saran dokter. Jika obat-obatan tersebut tidak menghilangkan rasa sakit atau nyeri yang mengganggu pekerjaan / aktivitas, maka sebaiknya anda harus pergi ke dokter. Pengobatan akan diberikan tergantung pada penyebab masalah dan seberapa parah hal tersebut terjadi.

Pendarahan abnormal / berlebih
gangguan menstruasi haidPendarahan berlebih pada saat datang bulan dapat memiliki banyak penyebab. Para dokter umumnya memulai dengan memeriksa masalah yang paling umum dengan usia wanita. Pengobatan yang ditempuhpun tergantung pada penyebabnya.

Baca Juga: Makanan Pelancar Haid

Pendarahan abnormal atau berlebih tersebut mencakup

  • Pendarahan yang terjadi antara periode
  • Pendarahan yang terjadi setelah berhubungan intim
  • Adanya bercak atau flek
  • Pendarahan berat atau lebih dari normal
  • Pendarahan setelah monopause

Kurangnya periode menstruasi (Amenore)
gangguan menstruasi haidKetika siklus menstruasi datang secara teratur, hal tersebut menandakan bahwa bagian-bagian penting dari tubuh bekerja secara normal. Dalam beberapa kasus pada wanita, tidak memiliki periode menstruasi dapat berarti bahwa ovarium telah berhenti memproduksi sejumlah esterogen normal. Berkurangnya atau bahkan hilangnya hormon tersebut dapat memiliki efek penting pada kesehatan secara keseluruhan.

Amenore digunakan untuk mendeskripsikan ketiadaan periode menstruasi seperti seorang wanita yang belum terjadi menstruasi pada usia 15 tahun, dan siklus menstruasi yang tadinya normal namun tiba-tiba menstruasi tak kunjung datang selama 90 hari.

Penyebabnya dapat mencakup;

  • Kehamilan
  • Menyusui
  • Penurunan berat badan ekstrim
  • Gangguan makan
  • Olahraga yang berat atau berlebihan
  • Stress
  • Kondisi medis serius yang membutuhkan pengobatan

Demikian sedikit ulasan mengenai gangguan menstruasi yang umumnya terjadi pada wanita. Untuk langkah pengobatan serta tindakan yang tepat, sebaiknya pergi ke dokter. Konsiltasikan keluhan anda pada dokter yang memang ahli dalam bidang tersebut untuk pengambilan langkah yang tepat. Klik tombol dibawah ini untuk konsultasi.