Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih

Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih

Gejala Infeksi Saluran Kemih – Anda harus waspada terhadap gejala yang menunjukan adanya infeksi saluran kemih, meskipun terlihat gejalanya ringan, sehingga banyak yang tidak menyadari dan mengetahui pengetahuan yang cukup mengenai gejala infeksi saluran kemih. Maka dari itu mulai dari sekarang anda harus lebih wapada, walaupun timbul gejala yang ringan. Tidak menutup kemungkinan gejala tersebut akan berubah menjadi berat seperti infeksi ginjal.

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi dibagian manapun dari saluran kemih itu sendiri, yang terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Kejadian yang sering terjadi umumnya infeksi yang melibatkan pada saluran kemih bawah diantaranya kandung kemih dan uretra.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Memang benar semua orang bisa terkena penyakit ini, namun perempuanlah yang memiliki resiko lebh besar terkena ISK disbanding dengan para pria. Infeksi yang terjadi pada saluran kemih bisa terasa sangat menyakitkan pada bagian daerah bawah pusar, dan akan merasakan pasa atau nyeri. Jika itu dibiarkan, maka ada potensi akan menimbulkan ke hal yang lebih serius yaitu penyebaran infeksi ke ginjal.

Baca Juga : Tips Kesehatan Reproduksi Pria

Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Bagian Bawah

Sindrom uretra:

  • Rasa nyeri pada daerah kemaluan
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Air seni mengeluarkan bau tak sedap
  • Sakit punggung
  • Sering buang air kecil atau dorongan ingin selalu buang air kecil

Gejala Infeksi Saluran Kemih Bagian Bawah

  • Rasa mual dan muntah muntah
  • Buang air besar menjadi encer
  • Menggigil tak terkendali
  • Demam dengan suhu tinggi lebih dari 38 derajat celcius

Pada infeksi saluran kemih bagian atas juga bisa merasakan sakit punggung dan sampai kebagian perut, rasa sakit berkisar berat ataupun ringan, dan sering terjadi ketika anda buang air kecil. Perlu anda ketahui, gejala diatas bisa saja mirip dengan gejala penyakit lainnya. Dan jika anda mengalami gejala seperti diatas belum tentu anda terkena infeksi saluran kemih.

Ingatlah bahwa, gejala ISK yang telah disebutkan di atas bisa mirip dengan gejala penyakit lainnya dan itu artinya bahwa ketika seseorang mengalami beberapa gejala di atas, maka belum tentu terkena infeksi saluran kemih. Namun ia harus waspada karena saat itu kondisinya masih diduga sehingga harus dicari kebenarannya melalui pemeriksaan oleh dokter. Maka dari itu konsultasilah ke dokter atau klinikandrologi. Tanyakan pada mereka gejala anda bagaimana serta tanyakan jug acara mengobatinya bagimana.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan mendiagnosis infeksi saluran kemih dengan cara seperti dibawah ini

  • Menganalisa sampel urine

Urin akan ditampung dan dianalisa dilabolatorium untuk mencari sel sl darah putih, sel darah merah ataupun bakteri.

  • Kultur bakteri

Analisa dari labolatorium urin kadang juga dikuti dengan kultur urin. Dan tes ini akan memberi dokter,  bakteri apa yang menyebabkan pada diri anda, dan jenis pengobatan apa untuk meyembuhkan penyakit anda.

Jika tidak diobati dengan secepatnya, infeksi saluran kemih dapat berakibat sebagai berikut

  • Penyempitan uretra pada pria
  • terjadi infeksi pada ginjal akut atau kronis, dan bisa mengakibatkan ginjal permanen
  • komplikasi akan mengancam nyawa anda, ketika infeksi menyebar keseluruh aliran darah

Baca juga: Obat alami infeksi saluran kencing

Cara mengatasi infeksi pada saluran kemih

Pengobatan ISK bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan antibiotic yang sudah mendapat resep dari dokter. Selain antibiotic, obat seperti parasetamol juga mungkin diperlukan untuk