Gejala Kista Endometriosis

Gejala Kista Endometriosis – Dinding rahim yang mengalami pertumbuhan yang tidak normal akan tumbuh di luar rahim, hal tersebut memungkinkan untuk terjad pada wanita dan disebut juga dengan penyakit kista endometriosis. Penyakit kista endometriosis dapat mengganggu kesuburan wanita, sehingga akan sulit untuk hamil atau memiliki anak.

Bagian panggul dan indung telur biasanya mrnjadi bagian yang biasa di tumbuhi oleh dinding rahim yang tidak normal. Penyakit ini dapat terlihat jika dilakukanya pemeriksaan usg, dan gejala penyakit tersebut akan mudah dirasakan pada saat haid, karena dapat menyebabkan rasa sakit saat haid itu sendiri.gejala kista endometriosis

Gejala Kista Endometriosis

Gejala kista endometriosis dapat dirasakan pada wanita yang menderita penyakit ini, dan gejala tersebut dapat terjadi sebagai berikut;

• Gangguan Kesuburan
    Wanita yang menderita penyakit ini akan mengalami gangguan kesuburan. Sehingga sulit untuk hamil, karena penyakit ini bisa membuat kesuburan wanita terganggu.
  • Sakit perut
    Sakit pada perut bagian bawah juga termasuk gejala penyakit tersebut. Rasa sakit ini diakibatkan karena dinding rahim yang tumbuh tidak normal di bawah perut, sehingga akan terasa pada saat haid sedang berlangsung.
  • Nyeri haid
    Gejala yang dapat terjadi adalah nyeri pada haid, hal ini memang sangat bisa dialami oleh setiap wanita normal juga, tetapi rasa nyeri yang dirasakan berangsur-angsur lama. Bahkan bisa sampai pada setelah saat setelah haid.
  • Haid berlebih
    Haid yang berlebihan juga termasuk dalam gejala penyakit tersebut. Darah yang keluar secara berlebih saat haid pada wanita.
  • Pendarahan
    Pendarahan seperti apa? Pendarahan yang terjadi saat diluar masa haid. Sehingga haid yang berlangsung tidak teratur, atau jadwal siklus haid tidak teratur pada setiap bulannya.
  • Sembelit
    Terjadinya gangguan pada pencernaan, dan dapat menyebabkan susah buang air besar. Hal ini dapat terjadi jika pertumbuhan tidak normal dinding rahim berada dekat dengan organ pencernaan.
  • Batuk Berdarah
    Batuk darah yang terjadi bukan hanya dikarenakan oleh penyakit paru-paru, tetapi karena dinding rahim juga bisa tumbuh pada daerah sekita paru-paru dan menyebabkan batuk berdarah.