Herpes Adalah Penyakit Radang Kulit

Herpes Adalah Penyakit Radang Kulit

Herpes Adalah – Mungkin untuk sebagian orang ada yang sudah tahu tentang penyakit herpes. Tapi untuk sebagian orang lagi mungkin hanya tahu penyakitnya saja. Nah, dalam artikel ini kita akan sedikit mengulas mengenai penyakit herpes itu. Penyakit ini juga kadang mirip dengan cacar, dan membuat orang merasa bingung apakah itu herepes atau cacar. Sebenarnya herpes yang sesungguhnya itu seperti apa? Berikut ulasannya.

herpes adalah

Baca juga: Penyebab Herpes Kulit

Herpes Adalah

Herpes merupakan penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan ruam atau gelembung-gelembung yang berisi air dan berkelompok. Herpes merupakan salah satu penyakit menular yang dapat menyerang permukaan kulit seseorang. Penyakit ini umumnya disebabkan karena adanya infeksi virus pada kulit.

Penularan penyakit herpes itu sendiri dapat dikatakan cepat, biasanya penularan terjadi melalui hubungan langsung antara bagian tubuh penderita yang terkena infeksi dengan selaput lendir, termasuk kulit yang terluka, pada bagian tubuh orang lain. Tentu saja penularan lainya yang banyak terjadi adalah melalui hubungan atau aktivitas seksual. Herpes juga dapat ditularkan pada masa kehamilan atau kelahiran. Menghindari resiko yang terjadi pada bayi dalam kandudngan, maka dokter selalu menganjurkan operasi caesar terhadap penderita herpes yang sedang mengandung.

Penyakit Herpes Terbagi Menjadi 2

  • Herpes Zoster
    Herpes Zoster adalah herpes yang menyerang seluruh permukaan kulit. Dan umumnya herpes zoster hanya menyerang area tubuh. Penyakit herpes zoster ini merupakan herpes yang paling banyak diderita. Penyakit herpes zoster disebabkan oleh virus varicella zooster. Bentuk kelainan kulit diawali dengan bercak kemerahan lalu akan tampak ruam atau gelembung-gelembung yang berisi air dan berkelompok. Umumnya gejala penyakit herpes zoster sendiri mirip dengan penyakit cacar air.
  • Herpes Simpleks
    Herpes simpleks juga disebut dengan herpes genitalis. Hepers simpleks adalah hepes yang menyerang pada daerah bibir, mulut, dan juga alat kelamin manusia. Herpes simpleks disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV).

Gejala Herpes Adalahherpes adalah

Tanda dan gejala yang timbul akibat serangan virus herpes secara umum adalah demam, menggigil, sesak napas, rasa nyeri pada persendian, atau rasa pegal pada bagian tubuh, munculnya bintik-bintik kemerahan pada kulit yang akhirnya membentuk sebuah gelembung yang berisi air dan berkelompok. Keluhan lain yang kadang dirasakan penderita adalah sakit perut. Biasanya gejala tersebut akan terjadi selama kurang lebih 8 atau 10 hari.

Penyebab Penyakit Herpes

Beberapa faktor penyebab herpes yang dapat terjadi;

  • Stress
  • Penyakit Cacar
  • Kontak fisik pada penderita herpes
  • Daya tahan tubuh lemah
  • Terpapar sinar ultraviolet terlalu lama

Mencegah Herpes

Hal yang paling utama untuk mencegah berbagai penyakit termasuk penyakit herpes adalah menjaga kebersihan tubuh. Selain itu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat merupakan langkah yang tepat. Perbanyak makan makanan yang bergizi sehingga asupan gizi yang cukup dapat masuk dalam tubuh. Makanlah buah serta sayuran agar kondisi tubuh tetap terjaga. Jangan lupa untuk olahraga. Olahraga teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan semakin baik. Hindari seks bebas, karena dengan seks bebas, segala penyakit menular seksual dapat menyerang anda.