Herpes Genitalis Adalah

Herpes Genitalis Adalah

Klinik Andrologi Herpes genitalis ini disebabkan oleh Herpes Simplex Virus(HSV). Herpes genitalis adalah infeksi pada alat kelamin yang dapat menular pada pria dan wanita. Penyakit ini merupakan salah satu dari Infeksi Menular Seksual (IMS) karena umumnya ditularkan melalui hubungan seksual(vagina, anal, dan oral). Virus ini dapat berkembang dan bergerank di antara sel-sel saraf. HSV dapat menular dan masuk ke dalam tubuh melalui berbagai membran mukosa. Membran mukosa adalah jaringan lunak basah yang melapisi bagian tubuh dan berada di beberapa bagian tubuuh dan bersinggungan langsung dengan kulit, yaitu pada dinding mulut, bagian dalam kelopak mata, di dalam telingam dalam saluran urin, di dinding vagina dan juga anus.

herpes genitalis adalah

Baca Juga: Penyebab Penyakit Herpes

Gejala Herpes Genitalis Adalah

Herpes genitalis primer memiliki masa inkubasi antara tiga sampai tujuh hari. Gejala yang timbul dapat bersifat berat, tapi bisa juga tidak tampak, terutama apabila lukanya berada di daerah mulut rahim pada wanita.

Pada awalnya, gejala ini didahului oleh rasa terbakar beberapa jam sebelumnya pada daerah dimana akan terjadi luka. Setelah lukanya timbul, penderita akan merasakan gejala seperti tidak enak badan, demam, sakit kepala, kelelahan, serta nyeri otot. Luka yang terjadi berbentuk vesikel atau gelembung-gelembung. Kemudian kulit akan tampak kemerahan dan timbul gelembung-gelembung yang berkelompok dengan ukuran yang sama besar. Gelembung itu berisi air dan mudah pecah sehingga menimbulkan luka yang melebar. Bahkan adakalanya kelenjar getah beninng yang berada di sekitarnya membesar dan terasa nyeri bila diraba.

Gejala pada pria akan tampak lebih jelas karena tumbuh pada kulit bagian luar kelenjar penis, batang penis, buah zakar, atau derah sekitar anus. Namun pada wanita sebaliknya, gejala ini sulit terdeteksi. Karena letaknya tersembunyi. herpes genitalis pada wanita umumnya menyerang klitoris dan leher rahim(seviks). Gejala itu seing disertai rasa nyeri pada saluran kencing.

Penyebab

Penyebab herpes genitali adalah virus herpes simplex. Virus ini terbagi menjadi dua macam. Tipe 1(HSV 1) dan juga Tipe 2(HSV 2). Kedua jenis virus ini sangat mudah menular dan penularannya terjadi dari kontak langsung dari orang yang terinfeksi virus ini. Terkadang, herpes tidak menimbulkan gejala tertentu, tapi orang yang terinfeksi tetap bisa menularkan virus tersebut. Sekitar 80% orang yang terinfeksi penyakit ini tidak menyadari bahwa mereka telah terinfeksi karena gejalanya yang tidak terlalu terlihat atau bisa dikatangan gejala ringan.

Baca juga: Herpes Adalah

Penularan Dan Pencegahan Herpes Genitalis Adalah

Herpes genitalis dapat menular melalui kontak kulit, ciuman, hubungan seks dan oral seks. Herpes mudah ditularkan pada masa terjadinya luka aktif. Akan tetapi, virus ini juga dapat menular selama tidak ada gejala yang tampak. Sebagaian besar penularan herpes genitalis adalah terjadi melalui kontak seksual. Sulitnya, kadang-kadang penderita tidak sadar bahwa ia sedang kambuh, sehingga dengan melakukan hubungan seksual yang tidak terlindungi, akan menularkan virus ini ke pasangan mereka.

Memang herpes genitalis tidak terlalu sampai menimbulkan kematian pada orang dewasa. Namun, herpes genitalis juga perlu penanganan yang serius, karena selain belum terdapat obat serta vaksin yang efektif, perkembangan virus ini juga sulit di ramalkan.

Selain pencegahan terhadap penularan serta menghindari faktor pencetus bagi penderita, yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi kejiwaan bagi para penderita herpes genitalis. Angapan herpes genitalis adalah penyakit kotor, tidak dapat disembuhkan, menular dengan mudah, dan lain-lain, membuat orang yang terjangkit virus ini akan merasa malu dan takut melakukan pemeriksaan dan berobat. Padahal jika pengobatan dilakukan sedini mungkin, maka penyakit ini mungkin lebih bisa dikendalikan.