Impotensi Adalah Penyakit Disfungsi Seksual Pada Pria

Klinik Utama Gracia – Impotensi adalah masalah yang umum dialami oleh pria. Terutama yang berusia 40 tahun ke atas. Impotensi juga disebut dengan disfungsi ereksi. Pria yang mengalami kondisi ini akan mengalami kesulitan dalam memulai dan mempertahankan ereksi.

impotensi adalah

Baca juga: Cara mengatasi impotensi pada pria

Pada umumnya, para pria yang telah berusia lanjut diketahui dapat sering mengalami gangguan tersebut, namun perlu diingat bahwa tidak semua pria yang telah berumur akan mengalami hambatan seksual.

Penyebab Impotensi Adalah

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab penyakit ini. Penyabab itu sendiri dapat dikategorikan menjadi beberapa faktor, yaitu akibat adanya faktor kelainan, kerusakan syaraf, maupun akibat faktor psikis.

Faktor kelainan yang dapat menyebabkan masalah ini yaitu kelainan syaraf, kelainan pada alat kelamin pria atau penis, kelainan pada pembuluh darah, dan lainnya.

Faktor kerusakan saraf yang dapat menyebabkan masalah ini karena cidera, serangan penyakit tertentu, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, mengkonsumsi alkohol yang berlebihan, merokok, dan sebagainya.

Faktor psikis yang dapat menyebabkan pria mengalami disfungsi ereksi, adanya rasa khawatir atau perasaan takut yang berlebihan terhadap hubungan seksual, kecemasan yang berlebih, depresi, bimbang akan jati diri dan jenis kelaminnya, dan sebagainya.

Pada umumnya,masalah ini sendiri disebabkan oleh faktor psikis. Faktor psikis tersebut sering kali dialami oleh para pria muda, sedangkan untuk pria yang telah berusia lanjut, gangguan lebih disebabkan pada masalah fisik. Akan tetapi, seperti yang tadi telah disinggung, disfungsi ereksi yang terjadi tetap bukanlah salah satu tahapan dari proses penuaan, melainkan lebih disebabkan oleh penyakit yang sering dialami oleh orang-orang yang telah lanjut usia.

Ada beberapa penyakit yang juga dapat menjadi faktor penyebab. Penyakit tersebut diantaranya diabtes, stroke, penyakit tulang belakang, pembedahan prostat, sklerosis multipel, dan masih banyak lagi. Obat obatan seperti obat anti hipertensi, obat penenang atau anti depresi juga merupakan obat obatan yang menjadi penyebab disfungsi ereksi.