Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Klinik Utama Gracia – Infeksi saluran kencing (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai infeksi saluran kencing pada pria.infeksi saluran kencing pada pria

Baca juga: Orchitis adalah

Infeksi Saluran Kencing Pada Priainfeksi saluran kencing pada pria

Infeksi saluran kencing pada pria umumnya terjadi pada pria yang berusia lebih dari lima puluh tahun. Namun pada beberapa kasus, penderita penyakit ini berusia dibawah lima puluh tahun. Umumnya obat obatan seperti anti biotik diberikan kepada penderita guna mengatasi penyakit ini. Salah satu gejalanya yaitu adanya rasa sakit yang disebabkan oleh kuman atau bakteri yang berasal dari usus.

Penyebab

Pada umumnya infeksi ini disebabkan karena adanya bakteri yang hidup dalam usus. Keberadaan bakteri tersebut memang tidak membahayakan usus, akan tetapi ketika bakteri tersebut berpindah pada organ tubuh yang lain, maka bakteri tersebut dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Bakteri yang hidup di usus dapat keluar bersama fases melalui anus dan masuk kembali melalui saluran kemih atau uretra dan masuk ke dalam kandung kemih. Bakteri tersebut dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Infeksi ini pada umumnya jarang terjadi pada mereka yang berusia di bawah lima puluh tahun. Infeksi  ini terjadi pada pria yang sudah memasuk usia kurang lebih lima puluh atau enam puluh tahunan.

Gejala

Gejala yang terlihat pada penderita infeksi saluran kemih karena adanya infeksi pada kandung kemih di mana dalan infeksi kandung kemih tersebut ditandai dengan rasa nyeri pada saat buang air kecil. Selain itu, penderita mungkin memiliki frenkuesi buang air kecil yang lebih sering. Rasa sakit pada perut bagian bawah, warna urin yang terlihat keruh, berdarah dan berbau, serta suhu tubuh yang meningkat sehingga terjadi demam juga dapat terjadi pada penderita dan itu merupakan gejala infeksi saluran kemih pada pria.

Gejala infeksi saluran kemih pada pria juga ditandai dengan adanya infeksi pada ginjal yang dapat menyebabkan rasa sakit pada kedua sisi pingganatau area ginjal, demam tinggi, mual dan muntah serta kondisi tubuh yang kurang fit.

Pengobatan

Perawatan dan pengobatan yang diberikan untuk mengatasi infeksi ini pada dasarnya untuk menghilangkan beberapa infeksi serta menghilangkan rasa sakit. Selain itu perawatan untuk mengatasi kerusakan pada ginjal umumnya penderita akan disarankan mengkonsumsi cukup air.

Untuk mengatasi terjadinya beberapa infeksi, baik pada saluran kemih tersebut ataupun pada kandung kemih dan ginjal, obat obatan medis seperti antibiotik biasanya diberikan untuk menghilangkan infeksi dengan cepat. Pemberian antibiotik tersebut umumnya diberikan selama tujuh hari.