Kenali Apa Itu Penyakit Balanitis

Klinik Utama Gracia – Penyakit balanitis adalah penyakit iritasi kulit pada bagian kepala penis dan terjadi pembengkakan disertai rasa nyeri, kebanyakan kondisi ini cenderung lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat. Balanitis dapat terasa sakit tetapi bukan kondisi yang amat serius, Balanitis dapt disembuhkan dengan obat oles atau salep. Anda dapat mencegah penyakit ini dengan cara menjaga kebersihan pada diri anda atau selalu konsultasikan dengan dokter atau klinikandrologi.

penyakit balanitis

Tanda tanda dan gejala Balanitis

Beberapa tanda-tanda dan gejala balanitis adalah sebagai berikut:

• Terasa nyeri dan kesulitan saat anda buang air kecil
  • Bengkak pada bagian ujung penis
  • Terdapat bintik merah pada bagian kulit kepala penis

Jika balanitis tidak segera diobati, maka akan menggangu batang penis dan dapat menimbulkan lecet serta bisul pada kelamin. Penyakit balanitis merupakan penyakit yang tidak begitu serius, tetapi bisa menjadi suatu indikasi adanya penyakit-penyakit lain yang lebih bermasalah lagi, seperti infeksi yang ditularkan melalu hubungan seksual.

Baca Juga: Apa itu Penyebab penyakit epididimitis

Apa saja penyebab balanitis

Penyakit ini sering menyerang kepada orang yang belum disunat, tetapi ada juga penyebab lainnya, sebagai berikut:

• Penyakit menular seksual
  • Tidak menjaga kebersihan pada penis
  • Infeksi pada saluran kemih
  • Infeksi jamur atau bakteri

Apa saja factor resiko penyakit balanitis

• Orang yang terkena diabetes dan tidak diobati, atau glukosa pada tubuh yang tidak terkontrol ketika anda memiliki penyakit diabetes
  • Penyakit menular seksual seperti herpes dan gonore
  • Kebersihan sangat buruk atau jorok

Apa saja pengobatan untuk balanitis

Pengobatan penyakit ini tergantung pada usia, dan apakah seseorang penderita ini aktiv secara seksual dan apakah telah di sunat, pengobatan secara alami bisa dilakukan dengan cara menarik kulit ujung penis kebelakang dan merendam daerah yang sakit ke dalam air hangat. Tak hanya itu, jika anda terkena balanitis yang ringan, anda juga harus menggunakan krim antibiotic untuk daerah yang terkena penyakit tersebut.

Waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan, tergantung kepada penyebab dan gejala yang muncul pada pasien, dalam kasus yang sederhana gejala bisa pulih atau bahkan menghilang dalam waktu 5 sampai dengan 10 hari, tetapi dalam kasus yang kompleks, pemulihan penuh mungkin memakan waktu yang cukup lama.