Macam Macam Keputihan Pada Wanita

Macam Macam Keputihan Pada Wanita

Macam macam keputihan – Keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina. Kondisi tersebut berguna untuk membersihan serta melindungi vagina dari infeksi. Lendir yang diproduksi kelenjar yang ada di dalam vagina, uterus, atau serviks akan keluar dengan membawa sel-sel mati serta bakteri. Keputihan merupakan hal yang umum, hampir semua wanita pernah mengalami keputihan. Namun, keputihan juga dapat menjadi kondisi yang tidak normal. Maka dari itu kita wajib mengenal macam macam keputihan.

macam macam keputihan

Baca juga: Cara mengatasi keputihan yang berlebihan

Macam Macam Keputihan

Keputihan ada 2, yaitu keputihan fisiologis dan keputiihan patologis.

Keputihan Fisiologis
Keputihan ini umumnya terjadi saat masa subur, dan juga saat sesudah atau sebelum menstruasi. Umumnya, kondisi-kondisi pada keputihan fisiologis tersebut sering terdapat lendir yang berlebihan. Namun hal itu adalah hal yang normal, dan umumnya tidak menyebabkan rasa gatal dan juga berbau tidak sedap.

Keputian fisiologis juga dapat terjadi pada wanita hamil. Hal tersebut tidak akan berpengaruh secara langsung, karena pada wanita hamil terdapat selaputketuban yang dapat melindungi janin.

Berikut ini merupakan beberapa ciri ciri keputihan fisiologis antara lain;

  • Cairan keputihan yang keluar berwarna bening
  • Cairan yang keluar tidak memiliki bau yang menyengat atau tidak sedap
  • Tidak menyebabkan rasa gatal
  • Sedikitnya volume cairan yang keluar
  • Cairan keputihan encer

macam macam keputihan Klik chat

Keputihan Patologis
Keputihan patologis merupakan keputihan tidak normal. Keputihan patologis dapat menyebabkan berbagai penyakit, hal tersebut akan sangat menganggu bagi kesehatan pada umumnya.

Keputihan patologis karena adanya infeksi akan mengakibatkan meningkatnya resiko bayi lahir prematur pada wanita hamil, dan bayi juga dapat terkena infeksi penyakit. Byi yang terserang infeksi virus, beresiko mengalami gangguan pencernaan dan gangguan pernapasan hingga dapat menyebabkan kematian pada bayi.

Berikut ini merupakan beberapa ciri ciri keputihan patologis antara lain;

  • Cairan keputihan yang keluar berwarna putih seperti susu, kekuningan, atau kehijauan
  • Menyebabkan rasa gatal pada area kewanitaan
  • Cairan yang keluar memiliki kekentalan
  • Memiliki bau yang tidak sedap
  • Keputihan tersebut umumnya menyisakan bercak yang terlihat pada celana dalam wanita

Baca juga: Makanan penyebab keputihan

Mencegah Keputihan Tidak Normal

Menjaga kebersihan tubuh serta kebersihan area kewanitaan merupakan faktor yng penting untuk mencegah timbulnya keputihan tidak normal. Kebanyakan keputihan tidak normal muncul akibat adanya kuman atau bakteri yang berkembang di sekitar area kewanitaan. Maka dari itu, menjaga kebersihan merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mencegah keputihan tidak normal.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai macam macam keputihan pada wanita. Dengan demikian kita dapat mengetahui tentang keputihan tersebut. Jika anda mengalami masalah kewanitaan, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kewanitaan untuk dapat dilakukan tindakan yang tepat.