Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Kesehatan reproduksi wanita – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita rentan terkena serangan atau ancaman dari lingkungan luar yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Sebagai seorang wanita, kesehatan tubuh sangatlah penting, apalagi yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi demi kelangsungan masa depan dalam kehidupan kita. Kesehatan reproduksi wanita meliputi kesehatan fisik dan kesehatan mental yang berhubungan dengan alat reproduksi serta fungsi dan proses reproduksi tersebut.

Menjaga kesehatan reproduksi wanita harus dilakukan sejak dini sehingga akan memberikan kehidupan seksual yang sehat dan aman ketika telah menikah nantinya.

 

kesehatan reproduksi wanita

 

Sistem reproduksi wanita memang sangat rentan terserang berbagai penyakit yang dapat berdampak pada kematian bila tidak ditanggulangi dengan cepat dan tepat. Kesehatan reproduksi bergantung bagaimana cara merawatnya mulai dari gaya hidup, pola makan, serta perilaku yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi secara menyeluruh.

 

Baca Juga: Cara Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

 

Begitu banyak gangguan yang dapat mengancam kesehatan reproduksi wanita bisa juga disebabkan oleh perilaku dan kebiasaan buruk. Gangguan reproduksi bisa dimulai dari infeksi bagian luar sampai ke bagian dalam atau karena kebiasaan yang kurang sehat menjadikan masalah yang membuat sistem reproduksi menjadi terganggu.

Maka dari itu, disini akan dijelaskan mengenai cara tepat menjaga kesehatan reproduksi wanita agar dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya, adapun cara-cara tersebut yaitu:

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

  • Pola makan yang teratur
    Atur pola makan anda, dan kontrol berat badan serta lakukan diet. Salah satu penyebab lamanya proses kehamilan pada wanita terjadi karena wanita tersebut mengalami kegemukan. Jika anda termasuk wanita yang memiliki tubuh gemuk, maka anda dapat mengalami masalah menstruasi yang tentunya akan mengganggu masa reproduksi. Akan tetapi, tubuh yang terlalu kurus pun tidak baik karena pada kondisi tubuh anda yang terlalu kurus maka akan menghambat berkembangnya hormon estrogen.
  • Lakukan pemeriksaan rutin
    Usahakan untuk membuat jadwal pemeriksaan rutin alat reproduksi anda kepada dokter, dengan begitu anda dapat mengetahui apakah anda sedang mengalami masa yang sehat dan subur atau mungkin anda sedang terkena penyakit. Jadi penting untuk para wanita melakukan pemeriksaan ini.
  • Lakukanlah aktivitas seks yang aman
    Seks menjadi salah satu peran utama juga bagi anda yang ingin menjaga kesehatan alat reproduksi anda. ingatlah bahwa penyakit berbahaya seperti HIV AIDS bisa menular melalui hubungan seks, maka dari itu penting adanya bagi anda untuk mengingat tentang melakukan hubungan seks yang aman demi kesehatan anda dan juga masa reproduksi anda.
  • Jauhilah dari kebiasaan merokok
    Anda harus tahu, bahwa dengan membiasakan diri merokok akan merusak bagian ovarium anda dimana bagian ini penting adanya dalam proses pembuahan sel telur. Dan jika bagian ini rusak maka akan berpengaruh pada saat masa pembuahan dan kemungkinan besarnya akan mengalami kegagalan dalam pembuahan.
  • Pemeriksaan yang maksimal
    Jika anda terprediksi terkena suatu penyakit pada sistem reproduksi anda, usahakanlah untuk melakukan pengobatan secara maksimal sampai benar-benar sembuh. Jangan remehkan sakit yang berkelanjutan dan juga masa menstruasi yang tidak menentu. Segera periksakan diri anda ke dokter.

Baca Juga: Tanda Tanda Menstruasi Pada Wanita

  • Hal terpenting yaitu jalanilah hidup sehat dengan makan makanan yang sehat, tidak merokok, tidur cukup, tidak stress dan olahraga dengan teratur.