Obgyn Adalah

Obgyn Adalah

Apa itu obgyn?  – Obgyn adalah singkatan dari Obstetri dan Ginekologi. Memang, mereka merupakan spesialisasi yang terpisah, namun mereka sering digabungkan karena keduanya berhubungan dengan sistem reproduksi wanita. Obsterticans mengkhususkan diri pada penanganan masalah kehamilan. Sementara ginekologi mengkhususkan diri dalam kesehatan menyeluruh dari sistem reproduksi wanita.

obgyn adalah

Baca Juga: Mastitis Adalah

Obstetri
Kata obstetri atau obstetrix dalam bahas latin memiliki hubungan dengan kata obstare, yang berarti berdiri di samping atau mendampingi, dalam hal ini berarti di samping wanita yang sedang bersalin. Pendapat lain mengatakan bahwa kata aslinya adalah adstetrix yang berarti membantu seseorang yang sedang bersalin.

Dalam kamus kebidanan, Obestetri merupakan cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan kehamilan, persalinan, dan nifas. Ilmu obstetri atau yang biasa dikenal dengan ilmu kebidanan adalah bagian dari ilmuu kedokteran yang khusus mempelajari segala persoalan yang berhubungan dengan kelahiran bayi. Dengan demikian dapat diakatakan bahwa yang menjadi objek ilmu adalah kehamilan, persalinan, nifas, serta bayi yang baru dilahirkan.

Ginekologi
Ginekologi secara harfiah berarti ilmu tentang kewanitaan. Ginekologi berasal dari kata Gynaecology, yang merupakan cabang ilmu kedokteran yang membahas dan menangani tentang penyakit pada sistem reproduksi wanita. Ada beberapa negara memisahkan kedua cabang ilmu obstetri dan ginekologi menjadi spesialisasi yang berbeda, namun sebagian besar dokter kandungan juga merupakan dokter kebidanan.

Jadi pada intinya, obgyn merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana proses hamil sampai melahirkan.

Dokter Obgyn Adalah

Dokter obgyn adalah dokter spesialis yang menyediakan perawatan medis dan bedah untuk wanita dan memiliki keahlian khusus dalam kehamilan, melahirkan, serta gangguan sistem reproduksi wanita. Ini termasuk juga perawatan pencegahan, perawatan prenatal, deteksi penyakit menular seksual (PMS), skrining tes Pap, keluarga berencana, dll.

Baca juga: Apa Itu Pap Smear ?

obgyn adalahSeorang dokter kandungan atau ginekoklogi dapat berfungsi sebagai dokter utama dan sering berfungsi sebagai konsultan untuk dokter lain. Dokter obgyn dapat memiliki praktek swasta, bekerja dalam pengaturan rumah sakit atau klinik, dan mempertahankan posisi mengajar di rumah sakit universitas. Dokter obgyn juga dapat bekerja sebagai dokter kesehatan masyarakat dan administrasi pengibatan pencegahan.

Dokter obgyn sendiri memiliki dasar pengetahuan yang luas dan dapat bervariasi pada fokus profesional mereka. Banyak mengembangkan praktej yang unik, memberikan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi bagi perempuan. Obgyn dapat memilih untuk fokus dalam bidang berikut;

  • Kondisi medis akut dan kronis.
  • Ginekologi remaja.
  • Masalah perilaku.
  • Kaknker.
  • Endokrinologi.
  • Pemeliharaan kesehatan selama kehamilan.
  • Infertilitas.
  • Ginekologi operatif.
  • Kehamilan atau persalinan.
  • Kesehatan preventif.
  • Gangguan saluran kemih.

Pemahaman bahwa kehamilan dan persalinan merupakan suatu proses dengan nyawa sebagai taruhannya, seharungnya dapat menunjukkan kepada masyarakat untuk menyadari bahwa setiap kehamilan dan persalinan tersebut memiliki resio atau bahaya yang dapat mengakibatkan kematian pada ibu dan bayi yang baru lahir. Untuk itu, perlu ditanamkan pola pikir pencegahan proaktif dan pengertian antisipasi pada masyarakat. Dengan memberikan kesadaran akan kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi, akan turut menbantu untuk mengurangi angka kematian ibu maupun angka kematian bayi.

Demikian pembahasan mengenai obgyn adalah, jika anda memiliki masalah serta pertanyaan mengenai kandungan serta kesehatan reproduksi, segera konsultasi kepada kami dengan klik tombol dibawah ini.