Orchitis Adalah

Klinik Andrologi – Orchitis adalah peradangan dari salah satu atau kedua testis. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Hal ini menyebabkan rasa sakit dan dapat mempengaruhi kesuburan. Salah satu virus yang paling umum menyebabkan kondisi ini adalah virus mumps / virus yang menyebabkan penyakit gondongan.

orchitis adalah

Baca juga: Pinggang kanan sakit. Tanda penyakit apa?

Gejala Orchitis Adalah

• Rasa sakit di testin dan selangkanan
  • Rasa nyeri atau sakit saat membuang air kecil
  • Rasa sakit saat ejakulasi
  • Adanya darah pada sperma
  • Pembengkakkan pada salah satu atau kedua testis
  • Pembesaran prostat
  • Pembengkakkan pada kelenjar getah bening di selangkangan

Baca Juga: Gejala turun berok

Penyebab

Virus atau bakteri dapat menjadi penyebab penyakit ini. Akan tetapi kadang-kadang penyebabnya tidak dapat ditentukan. Penyebab paling umum adalah gondok. Virus orchitis yang berkaitan dengan gondok berkembang di mana saja dari empat sampai sepuluh hari setelah kelenjar ludah membengkak. Pembengkakan kelenjar ludah merupakan gejala penyakit gondok.

Infeksi bakteri juga dapat menjadi penyebab pada laki-laki. Infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual gonore, klamidia dan kondisi terkait yang disebut epididymitis dapat menghasilkan orchitis. Epididymitis adalah peradangan epididimis. Ini adalah di mana sperma disimpan tabung yang menghubungkan testis.
Bakteri

Paling sering, bakteri orchitis adalah hasil dari epididymitis. Epididymitis biasanya disebabkan oleh infeksi saluran kencing atau kandung kemih yang menyebar ke epididimis.

Seringkali, penyebab infeksi adalah penyakit menular seksual. Penyebab lain dari infeksi mungkin berkaitan dengan kelainan pada saluran kemih dari lahir atau peralatan medis yang dimasukkan ke dalam penis anda.

Faktor Resiko

Orang-orang yang terlibat dalam perilaku seksual mungkin akan lebih beresiko tinggi untuk terjangkit penyakit ini. Perilaku seksual berisiko tinggi meliputi:

-Melakukan hubungan seksual tanpa kondom atau alat kontrasepsi
-Memiliki sejarah penyakit menular seksual.
-memiliki pasangan seks yang pernah menderita penyakit menular seksual.

Kelainan kongenital saluran kemih juga dapat meningkatkan resiko. Ini berarti anda lahir dengan masalah struktural yang melibatkan kandung kemih atau uretra.