Pengertian Infertilitas Adalah

Pengertian Infertilitas Adalah

Infertilitas Adalah – Bagi pasangan yang telah mencoba untuk hamil selama lebih dari tiga tahun tanpa hasil, kemungkinan kehamilan dapat terjadi di tahun depan adalah 25 % atau kurang. Namun, untuk infertilitas dengan obat-obatan dan prosedur berteknologi tinggi mungkin dapat memberikan wanita banyak kesempatan untuk mempunyai anak.

infertilitas adalah

Baca juga: Prostatitis adalah

Infertilitas Adalah

Infertilitas adalah suatu kondisi dimana ketika pasangan tidak berhasil hamil walaupun berhubungan seks secara teratur tanpa meggunakan kondom. Apakah masalah reproduksi biasanya dapat diobati? beberapa penyebab infertilitas adalah adanya suatu penyakit tertentu dan masalah penuaan.

 

Infertilitas terbagi menjadi 2

Masalah kesuburan dapat mempengaruhi baik pria atau wanita. Meskipun ada banyak penyebab potensial dari infertilitas, tidaklah mudah untuk dapat mengidentifikasi penyebabnya. Infertilitas primer menggambarkan pasangan suami istri yang tidak berhasil hamil setelah melakukan hubungan seks tanpa proteksi selama setahun. Infertilitas sekunder menggambarkan pasangan yang telah berhasil hamil setidaknya sekali, tapi belum berhasil hamil lagi.

  • Infertilitas Primer suatu kondisi dimana suami-istri belum mampu dan belum pernah memiliki anak setelah 1 tahun berhubungan seksual sebanyak 2-3 kali per minggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi dalam bentuk apapun.
  • Infertilitas Sekunder yaitu suatu kondisi dimana pasangan suami istri telah atau pernah memiliki anak sebelumnya, tetapi saat ini belum mampu memiliki anak lagi setelah 1 tahun berhubungan sekseual sebanyak 2-3 kali per minggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau kondom.

Walaupun pasangan suami istri dianggap tidak subur, bukan tidak mungkin kondisi tidak subur sesungguhnya hanya dialami oleh sang suami atau sang istri. Hal tersebut dapat dipahami karena proses pembuahan yang berujung pada kehamilan dan lahirnya seorang manusia harus merupakan kerjasama antara suami dan istri.

 

Terdapat 2 faktor yang harus dipenuhi dalam kerjasama tersebut;

infertilitas adalah

  1.  Sang suami harus memiliki sistem dan fungsi reproduksi yang sehat sehingga mampu menghasilkan dan menyalurkan sel kelamin pria atau yang biasa disebut spermatozoa ke dalam organ reproduksi istri.
  2. Sang istri juga harus memiliki sistem dan fungsi reproduksi yang sehat sehingga mampu menghasilkan sel kelamin wanita (sel telur atau ovum) yang dapat dibuahi oleh spermatozoa dan dapat memiliki rahim yang dapat menjadi tempat perkembangan janin, embrio, hingga bayi dilahirkan.

Apabila salah satu saja atau dua faktor tersebut tidak dimiliki oleh pasangan suami istri, pasangan tersebut sulit bahkan tidak mampu memiliki anak.

Baca Juga: Apa Itu Ejakulasi Dini ?

Banyak pasangan suami istri yang divonis dokter mandul tetapi berhasi memiliki anak, jadi ketenangan dan berpikir raasional tetap perlu dilakukan. Tentu saja itu bukan hal yang mudah ketika menghadapi kemandulan, sebab bagaimanapun juga setiap orang menginginkan anak sebagai generasi penerus.

 

infertilitas adalahKapankah Anda harus ke dokter?
Waktu untuk mencari pengobatan untuk masalah infertilitas adalah tergantung pada usia anda. Bagi para wanita di bawah usia 30tahun, disarankan untuk mencoba hamil dalam setahun sebelum melakukan pemeriksaan. Jika Anda sedang berusaha untuk hamil, buatlah janji dengan dokter anda dan mereka akan membantu mencarikan jalan keluar.