Pengertian Penyakit Menular Seksual Adalah

Pengertian Penyakit Menular Seksual Adalah

Pengertian penyakit menular seksual adalah – Terdapat beberapa penyakit yang dapat dikategorikan sebagai salah satu penyakit yang berbahaya. Jika kamu merupakan orang yang aktif dalam melakukan hubungan seksual dan sering bergonta ganti pasangan seksual, hati-hati. Bahaya penyakit seksual mengintai dirimu.
pengertian penyakit menular seksual adalah

Baca juga: Penyakit kelamin pada pria

Siapapun yang sudak aktif secara seksual beresiko terjangkit penyakit menular atau STD (Sexually Transmitted Diseases). Penyakit ini semakin beresiko menyerang kamu, jika kamu termasuk orang yang suka bergonta ganti pasangan seksual. Apa saja penyakit yang menular secara seksual tersebut. Berikut pngertian Penyakit Menular Seksual Adalah:

Pengertian Penyakit Menular Seksual Adalah

Pengertian Penyakit Menular Seksual adalah penyakit yang dapat menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Penyakit menular seksual (PMS) dapat ditularkan oleh pasangan seksual melalui aktivitas seksual yang melibatkan vagina, penis, anus, atau mulut. Penyakit ini beranekaragam, gejalanya pun berbeda, beberapa termasuk penyakit yang serius dari pada penyakit lainnya. Namun, semuanya membutuhkan pengobatan untuk mencegah komplikasi.

Jenis-Jenis PMS

Berikut ini merupakan beberapa PMS yang paling umum.

  • Gonore
    Gonore adalah penyakit menyebar lewat cairan tubuh dari seseorang yang terinfeksi, seperti HIV. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrheae, yang tumbuh dan berkembang di selaput lendir pada tubuh seperti leher rahim, rahim, dan uretra. Kondisi ini merupakan kondisi yang rumit, biasanya tanpa menunjukan gejala tertentu.
  • Sipilis
    Sipilis adalah salah satu PMS yang dengan mudah menyerang dan disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Biasanya menyebar melalui aktivitas seksual. Namun penyebaran melalui seks anal dan oral merupakan hal yang lebih umum, serta dapat menular saat ciuman dan menyentuh/kontak dengan luka sehingga virus dapat menyebar. Sipilis ini muncul dalam beberapa tingkatan, pada tingkatan awal hanya menyebabkan satu atau dua luka pada sekitaran kelamin. Tingkat kedua, muncul ruam merah pada tubuh. Dan tingkat terakhir dapat merusak jantung, otak, saraf, dan jika tidak diobati dapat menyebabkan kematian.
  • Kutil Kelamin
    Kutil yang tumbuh dan berkembang pada bagian kelamin disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang mudah untuk ditularkan serta salah satu jenis PMS yang paling serius. Penyakit ini dapat menyebabkan kanker rahim, vulva, vagina, atau penis jika tidak diobati. Penyakit ini menyebabkan rasa sakit serta rasa gatal dan berdarah jika digaruk.

Gejala Utama PMS

Beberapa gejala utama PMS antara lain;

  • Sakit saat buang air kecil.
  • Demam.
  • Sakit saat berhubungan seksual.
  • Rasa gatal yang berlebihan pada area kewanitaan.
  • Adanya benjolah atau luka yang berada di dekat vagina, anus, atau mulut.

Beberapa jenis PMS dapat diobati langsung di klinik, dengan pengobatan yang baik. Carilah bantuan spesialis penyakit menular yang memang sudah ahli. Semua pasien PMS perlu mencari bantuan mendis dari dokter ahli untuk membantu penanganan penyakit untuk waktu yang panjang. Klinik Utama Gracia dapat menjadi tempat rujukan dari penyakit ini. Klinik ini memiliki dokter yang ahli dalam penanganan masalah PMS serta memang mendedikasikan pelayanan kesehatan PMS yang baik untuk masyarakat. Klik tombol dibawah ini untuk konsultasi.