Penyakit Herpes, Gejala, Dan Penyebabnya

Penyakit Herpes, Gejala, Dan Penyebabnya

Penyakit Herpes – Herpes merupakan penyakit radang kulit yang disebabkan oleh virus anggota famili hepertoviridae. Oleh sebab itu apabila seseorang menderita penyakit ini maka akan terlihat gelembung-gelembung bintik merah secara berkelompok. Kebanyakan dari virus ini menyerang kulit dan selaput lendir. Virus ini juga ada yang menyerang alat kelamin manusia dan juga pada membran mukus yang terletak dimulut bibir.

 

penyakit herpes-gejala penyakit herpes-penyebab penyakit herpes

 

Ada 2 macam penyakit herpes, yaitu herpes simplex dan herpes zoster,

  1. Herpes Simplex
    Herpes Simplex umumnya menyerang bagian mulut atau pinggang dan kelamin. Penyakit ini dapat diobati, tetapi tidak bisa sembuh secara total, karena sewaktu-waktu kalau daya tahan tubuh lemah,maka dapat timbul kembali.
  2. Herpes Zoster
    Herpes Zoster juga dikatakan penyakit infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari cacar air, karena virus yang menyerang adalah sama. Hanya terdapat perbedaan dari cacar air, herpes zoster memiliki gelembung yang sedikit lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, punggung, dahi, atau bagian dada. Proses penularan herpes zoster ini bisa melalui virus saat bersin, batuk, pakaian yang tercemar, serta kontak langusung dengan gelembung yang pecah.

Baca Juga: Herpes Genitalis Adalah

Gejala Penyakit Herpes 

  • Gejala awal yang biasa ditunjukkan oleh penderita penyakit herpes diawali dengan demam tinggi dan kemudian akan menunjukkan gejala lainnyasetelah 8 hari.
  • Gejala yang berikutnya adalah kulit terasa seperti terbakar dan menjadi lebih sensitive selama kurang lebih beberapa hari, sakit pada bagian tubuh yang terkena virus herpes, munculnya ruam atau bintik kemerahan pada kulit sehingga menjadi gelembung-gelembung berisi air dan berkelompok, sesak nafas dan gatal-gatal.
  • Terjadinya pembengkakkan pada kelenjar utama khususnya terjadi pada kelenjar getah bening
  • Pada bagian yang terinfeksi virus herpes akan sering mengalami kesemutan pada anggota tubuh
  • Timbulnya bintik kemerahan pada kulit yang akhirnya membentuk sebuah gelembung cair, biasanya terasa sakit dan panas
  • Menggigil
  • Nyeri dipersendian atau pegal pada bagian tubuh
  • Keluhan lain yang kadang dirasakan penderita adalah sakit perut.

Umumnya gejala ini akan terjadi selama kurang lebih 8 hari atau 1 minggu.

Baca juga: Penyebab Herpes Kulit

Penyebab Penyakit Herpes

  • Virus ini mungkin tersebar di udara karena terbawa oleh angin. Atau karena kita berada di suatu tempat yang sama dengan orang yang menderita herpes. Sehingga kita dapat tertular akibat virusnya terbawa di udara, lalu masuk melalui saluran pernapasan.
  • Bersentuhan langsung dengan seorang yang menderita herpes.
  • Stress, termasuk salah satu faktor penyebab herpes.

Baca Juga: Herpes Zoster Adalah

Segeralah konsultasi dan periksa ke dokter spesialis atau periksa ke klinik kami Klinik Utama Gracia. Klinik kami menawarkan pelayanan medis dengan kualifikasi terbaik, dengan menggunakan teknologi yang canggih serta dokter-dokter yang profesional dan terampil di bidang andrology, ginekologi serta penyakit kelamin. Atau segera konsultasikan dengan konsultasi medis online kami dengan cara klik tombol dibawah ini.