Penyakit Herpes Zoster Adalah

Penyakit Herpes Zoster Adalah

Penyakit Herpes Zoster Adalah – Penyakit ini dikenal juga dengan istilah cacar air atau cacar ular air yang disebabkan oleh virus yang sama denan penyabab cacar air, yaitu virus varisela zoster. Virus ini dapat kembali aktif di kemudian hari dan menyebabkan herpes zoster jika virus tersebut menetap di dalam tubuh bahkan setelah cacar air sembuh.

Penyakit Herpes Zoster Adalah

Penyakit ini sejenis penyakit yang disebabkan oleh virus simpleks herpe(HSV) yang dapat menyerang kelamin, gusti, kulit, bibir, kerongkongan, dan termasuk organ vital. Virus ini dapat menyebabkan kulit melepuh dan sakit. Walaupun penyakit ini tidak mengancam jiwa, namun penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit yang amat parah. Karena itu, segerlah untuk menghubungi Dokter jika anda merasakan gejala gejalanya agar dapat ditangani sedini mungkin.penyakit herpes zoster adalah

Baca Juga: Penyakit herpes dan penyebabnya

Penyebab Penyakit Herpes Zoster Adalah

Penyebab herpes zoster umumnya sama dengan penyebab dari cacar air, yaitu virus zoster. Ada beberapa faktor pemicu yang dideuga mempengaruhi virus ini seperti;

  • usia.
    Penyakit ini umumnya menyerang pada usia tua atau manula terutama yang berusia 50 tahun ke atas. Namun, tidak menutup kemungkinan usia dibawah 50 tahun juga dapat terserang penyakit ini.
  • Pernah mengidap cacar air
    Anda pernah menderita cacar air? Hati-hati. Virus ini hampir sama dengan virus cacar air.
  • Sistem kekebalan tubuh yang menurun, misalnya karena mengidap diabetes, menggunakan obat steroid jangka panjang, atau menjalani terapi terapi.
  • Mengalami Stres
    Kita tahu bahwa segala penyakit dapat disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak baik. Stres tersebut membuat sistem dan hormon dalam tubuh menjadi tidak baik, sehingga beberapa penyakit atau virus dapat masuk ke dalam tubuh.

Pengidap herpes zoster tidak bisa menularkan penyakit ini pada orang lain, akan tetapi dapat menularkan cacar air. Jadi jika anda belum pernah terkena cacar air dan mengalami kontak langsung dengan tuam atau gelembung gelembung akibat herpes zoster, maka kemungkinan anda dapat terinfeksi virus varisela zoster tersebut dan terkena cacar air.

Baca juga: Herpes adalah

Gejala Penyakit Herpes Zoster Adalah

  • Gejala pertamanya adalah anda akan merasakan sakit, rasa sakit ini berupa sensari terbakar atau rasa perih atau panas.
  • Beberapa hari kemudian muncul beberapa ruam atau gelembung gelembung air menerupai lingkaran. Ruam atau gelembung gelembung ini umumnya mengelilingi sisi kiri atau kanan tubuh, terutama pada perut dan bagian dada.
  • Ruam atau gelembung gelembung tersebut akan membentuk luka melepuh yang berisi air dan terasa gatal. Dan akan menjadi koreng dalam tiga sampai lima hari.

Gejala penyakit ini bervariasi. Sebagian kecil mengidap rasa nyeri tanpa ruam atau gelembung gelembung. Gejala gejala lain yang kemungkinan dapat menyertai kedua ketiga gejala utam di atas;

  • Demam dan mengigil
  • Nyeri di seluruh tubuh
  • Sakit kepala

Pencegahan Penyakit Herpes Zoster Adalah

Adapun langkah pencegahan utama yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko munculnyapenyakit ini adalah dengan melakukan vaksin herpes zoster serta cacar air. Walu memang tidak mencegah terkena herpes zoster sepenuhnya, setidaknya vaksin ini dapat mengurangi keparahan gejala yang akan dialami jika terserang penyakit ini.

Anda juga dapat mencegah penyebaran penyakit ini dengan langkah sederhana seperti tidak meminjam barang barang pribadi penderita herpse zoster seperti handuk, pakaian, sikat gigi, dan lain lain.