Penyakit Kelamin Pria & Penyakit Kelamin Wanita

Penyakit Kelamin Pria & Penyakit Kelamin Wanita

Penyakit kelamin pria dan penyakit kelamin wanita merupakan salah satu penyakit menular seksual. Setiap orang pasti tidak ingin menderita penyakit ini. Penyakit ini umumnya ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Penyebarannya dapat melalui darah, sperma, cairan vagina, ataupun cairan tubuh lainnya. Selain itu, penularan tanpa melakukan hubungan seksual juga dapat terjadi pada seorang ibu yang mengandung, atau yang melahirkan. Pemakaian jarum suntik yang tidak steril atau digunakan secara terus menerus atau secara bergantian dengan orang lain juga dapat beresiko tertular infeksi.

Jenis Penyakit Kelamin Pria & Penyakit Kelamin Wanita

Penyakit menular seksual ini merupaka suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, secara oral ataupun kelamin. Pada pria, sebaiknya hindari penyakit ini untuk tidak melakukan hubungan seksual sembarangan atau bergonta ganti pasangan seksual.

penyakit kelamin pria dan penyakit kelamin wanita

Penyakit Kelamin Pria

Berikut ini beberapa penyakit kelamin pria yang dapat mengancam kondisi kesehatan .

Gonore
Gonore merupakan penyakit menular sksual yang disebabkan oleh bakteri Nisseria gonnorrheae. Penyakit ini ditandai dengan uretra yang berwarna kekuningan, adanya rasa terbakar atau nyeri pada saat buang air kecil.

Kutil Kelamin
Kutiul kelamin juga merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Untuk menghindari menularnya penyakit ini, lebih baik gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.

Sipilis
Sipilis merupakan salah satu penyakit berbahaya. Penyakit ini juga termasuk dalam salah satu penyakit menular seksual. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Gunakan kondom saat berhubungan seksual dapat menghindari penyakit sipilis ini.

Penyakit Kelamin Wanita

Berikut ini beberapa penyakit kelamin wanita yang sering terjadi;

Kondiloma Acuminata
Penyakit ini disebabkan oleh HPV, birus yang terkait dengan kanker serviks dan juga kanker penis. Awal mulanya, hal ini ditandai dengan tahi lalat kecil pada kelamin wanita maupun pria. Pengobatan harus dilakukan bersama-sama oleh pasangan.

Candidiasis
Candidiasi adalah jenis penyakit yang umumnya disebabkan oleh jamur yang terdapat pada wanita dan juga pria. Hal tersebut ditandai sebagai salah satu infeksi genital yang paling umum dapat menular seksual.

Trichomoniasis
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri protozoa Trycomona vaginalis. Hal ini menyebabkan keputihan berwarna kuning, berbau tidak sedap dan juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran kemih.

penyakit kelamin pria dan penyakit kelamin wanita Klik chat