Penyebab Anyang Anyangan Pada Pria

Penyebab Anyang Anyangan Pada Pria

Penyebab anyang anyangan pada pria – Penyakit anyang anyang biasanya akan merasakan rasa sakit ketika buang air kecil. Menurut ilmu kedokteran dari klinikandrologi, penyakit anyang anyangan ini umumnya terjadi karena adanya infeksi pada bagian saluran kemih atau kondisi kemih yang tidak biasanya. Sedangkan untuk anyang anyangan karena infeksi, itu sudah jelas bahwa penyebabnya adalah bakteri. Untuk anyang anyangan yang terjadi karena kondisi kemih tidak normal, penyebabnya bisa bermacam-macam, contoh nya seperti kurang minum dan aktivitas fisik yang terlalu berat.

Penyebab anyang anyangan

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Anyang anyangan

Berikut adalah 10 penyebab anyang-anyangan pada pria

  • Alergi
    Penyakit ayang anyangan bisa saja disebabkan oleh alergi, alergi ini bisa disebabkan oleh lendir atau cairan vagina yang ada pada pasangannya setelah berhubungan badan.
  • Kuman
    Yang menyebabkan seseorang terkena penyakit anyang anyangan salah satu nya oleh kuman, kuman yang masuk kedalam saluran kemih, bisa menyebabkan seseorang terkena anyang anyangan.  Maka dari itu jagalah kebersihan saat anda berkemih .
  • Kurangnya menjaga kebersihan
    Penyebab timbulnya anyang anyangan bisa juga dikarnakan kurangnya menjaga kebersihan organ intim terutama sesudah atau sebelum berhubungan badan dengan pasangan. Banyak pasangan sebelum melakukan seks, mereka tidak membersihkan organ intimnya terlebih dahulu, begitu pula sesudah berhubungan seksual dengan pasangannya. Dan hal itu bisa menyebabkan timbulnya anyang-anyangan. Kuman dan bakteri yang ada pada bagian intim bisa masuk ke bagian  dalam saluran kemih, dan jika tidak dibersihkan terlebih dahulu. Efeknya 2 hari setelah berhubungan baik pria maupun wanita akan bisa terkena anyang-anyangan.
  • Gangguan prostat
    Prostat yang terganggu fungsinya bisa menjadi penyebab anyang-anyangan pada pria, hal itu disebabkan karena prostat tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan lancar.
  • Diabetes
    Salah satu yang bisa menyebabkan terkena  penyakit anyang-anyangan salah satunya adalah penyakit diabetes, diabetes mellitus penderitanya akan mengalami penyakit anyang-anyangan yang akan timbul dari reaksi penyakit tersebut, orang yang mengalami diabetes mellitus akan selalu merasakan ingin buang air kecil, walaupun urin yang dikeluarkan sedikit. Tidak hanya penyakit diabetes saja, penyakit lainnya seperti darah tinggi juga bisa terkena anyang-anyangan.
  • Dehidrasi
    Dehidrasi bisa menjadi penyebab seseorang yang mengalami anyang-anyangan, dikarenakan saat orang dehidrasi maka akan sedikit memproduksi urin, semakin seseorang memberikan dehidrasi, produksi urin akan semakin sedikit dan menjadi sulit berkemih. Orang yang terkena dehidrasi juga akan merasakan ingin selalu buang air kecil, namun urin yang dikeluarkan sedikit.
  • Batu ginjal
    Batu ginjal yang dialami oleh seorang pria bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi. Karena batu ginjal itu bisa menekan saluran kemih sehingga rasa ingin berkemih secara terus terusan, namun tidak bisa dikeluarkan semua dikarnakan tersumbat dengan adanya batu ginjal.
  • Organ intim yang tidak normal
    Salah satunya penyebab terkena anyang-anyangan adalah struktur organ intim yang tidak normal, misalnya adalah struktur refluks urin yang lebih tinggi.

Baca Juga : Apa Itu Penyebab Penyakit Epididimitis

Pengobatan anyang anyangan secara alami

Infeksi pada saluran kemih bisa diatasi dengan cara menggunakan ramuan tradisonal, berikut dibawah ramuan tradisional untuk mengatasi penyakit anyang anyangan.

  • Ramuan pertama: siapkan 30 gram meniran dan 30 gram tumbuhan kumis kucing yang segar, kemudian cuci bersih, setelah itu rebus menggunakan 600 cc air. Sisakan hanya 300 cc saja, dan kemudian minumlah sebanyak 2x sehari.
  • Ramuan kedua: siapkan 7 lembar daun buah alpukat dan juga 30 gram sawi yang masih segar, dan siapkan daun belimbing manis yang masih segar juga. Cuci bersih semua bahan tersebut dengan 600cc air, stelah itu sisakan setengahnya, dan kemudian minum 2x sehari.
  • Ramuan ketiga: siapkan dua kulit buah semangka, 60 gram alang-alang dan 60 gram rambut jagung. Cuci bersih semua  bahan tersebut, kemudian rebus menggunakan 400 cc air, sisakan setengahnya dan kemudian minumlah 2x sehari.
  • Ramuan keempat: Siapkan 30 gram daun keji beling dan juga 30 gram daun belimbing segar dan bersih. Cucilah dengan  bersih semua bahan rebusan dengan 600 cc air. Kemudian sisakan setengahnya  dan minumlah sebanyak 2x sehari.