Penyebab Herpes Kulit

Klinik Andrologi – Beberapa faktor dapat menjadi penyebab herpes kulit. Bagi setiap orang yang tidak bisa menjaga kondisi kesehatan tubuhnya dengan baik, maka bisa saja terserang penyakit herpes, atau penyakit lainnya. Penyakit herpes merupakan salah satu penyakit yang membuat tidak nyaman yang bersifat basah dan kering tergantung jenis penyakit herpes yang di derita. Karena terdapat jenis herpes yang biasa menyerang tubuh yaitu herpes zoster, herpes genital, dan herpes simpleks. Ketiga jenis tersebut memiliki resiko yang berbeda beda.

baca juga: Herpes Adalah

Penyebab Herpes Kulit

Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat terjadi;

• Sengaja atau tidak sengaja bersentuhan dengan penderita
    Penyebab yang umum, melakukan kontak tubuh atau bersentuhan dengan penderita penyakit herpes itu sendiri, baik disengaja ataupun tidak disengaja. Penyakit herpes itu sendiri dapat menyebar karena udara dan virus nya dapat hinggap pada kita melalui udara yang kita hirup atau yang menempel pada tubuh. Jadi hindari kontak fisik secara langsung atau berdekatan dengan penderita.
  • Penyakit cacar
    Penyakit cacar umumnya menyerang pada anak anak dan bila pada masa kecilnya belum mengalami cacar, maka saat dewasa nanti akan terjadi. Menurut pandangan masyarakat, penyakit cacar ini menyerang anda seumur hidup sekali. Jadi jika kamu sudah pernah mengalami penyakit cacar, maka sudah tidak akan terjangkit kembali. Penyakit ini dapat menular dengan cepat melalui penempelan kulit yang disengaja maupun tidak disengaja. Virus penyakit ini pun akan menyebar melalui udara dan terbawa oleh angin. Bagi yang mengalami penyakit cacar ini biasanya tidak diperbolehkan terkena angin atau debu. Cacar merupakan gelembung gelembung air yang terdapat pada kulit. Gelembung gelembung itupun tidak boleh dipecahkan dengan tangan. Karena nanti akan menimbulkan bekas luka dan infeksi. Penyakit cacar juga menjadi salah satu penyebab pada herpes ini.
  • Stres
    Berbagai macam pengobatan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres. Penyebab stres umumnya karena terlalu memikirkan sesuatu atau masalah yang tidak selesai diatasi dan terlalu rumit. Masalah tersebut dapat menyerupai masalah tentang ekonomi, pekerjaan, rumah tangga dan asmara sekalipun. Siapapun tentu bisa mengalami stres. Jika tidak teratasi, stres dapat memicu terjadinya depresi. Telalu banyak pikiran/masalah atau stres dapat membuat daya tahan tubuh lemah, sehingga berbagai penyakit dapat menyerang tubuh. Stres ini juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab. Hindari terlalu banyak pikiran yang membuat stres dan juga depresi.
  • Penyakit diabetes
    Harus disadari diabetes merupakan salah satu penyakit yang membahayakan. Penyakit diabetes biasasnya menyerang karena kadar gula pada tubuh terlalu tinggi. Jika sudah kronis,bila terdapat luka yang tidak bisa sembuh maka akan terinfeksi dan harus dilakukan amputasi. Biasanya para penderita ddiabetes mencari buah mengkudu untuk dikonsumsi atau untuk dijadikan obat. Penyebab pada herpes ini termasuk kondisi seperti ini, dimana tubuh sedang terkena diabetes.
  • Daya tahan tubuh yang menurun
    Penyakit akan dapat mudah masuk jika daya tahan tubuh lemah. Daya tahan tubuh yang lemah menjadi penyebab herpes kulit. Sistem imun dalam tubuh ini dapat ditingkatkan kembali dengan menggunakan suplemen. Suplemen tersebut bisa didapatkan pada makanan yang memiliki kandungan 4 sehat lima sempurna. Jadi berusahalah untuk tetap menyuplai asupan gizi untuk memperkuat daya tahan tubuh.
  • Faktor umur
    Usia atau umur yang sudah tua akan rentan terhadap suatu penyakit. Termasuk juga pada penderita herpes yang menjadi penyebab herpes kulit. Konsumsi bahan makanan yang sehat dan bergizi serta rajinlah berolahraga.