Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar – Menstruasi anda tidak lancar? Hal tersebut merupakan masalah yang umum dialami wanita terutama di usia yang produktif. Umumnya para wanita mengalami sebelas sampai tiga belas siklus periode menstruasi yang normal setiap tahunnya. Namun, tidak semua wanita memiliki siklus yang sama.

penyebab menstruasi tidak lancar

Baca juga: Cara memperlancar menstruasi

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Penyebab menstruasi tidak lancar atau tidak teratur dapat terjadi jika seorang wanita masih berada di tahun awal menstruasi atau masa pubertas. Selain itu, menstruasi tak lancar atau tidak teratur dapat terjadi pada saat menjelang masa monopause. Namun apabila anda tidak berada pada masa pubertas atau tidak mendekati masa monopause, maka menstruasi atau haid yang tidak lancar ini disebabkan oleh kondisi lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar.

• Stres
    Saat stres maka tubuh akan memproduksi hormon stres yang akan berpengaruh pada keluarnya hormon menstruasi. Kondisi stres yang dialami akan berpengaruh pada Hypothalamus, padahal hypothalamus merupakan bagian dari otak yang menjadi tempat berbagai hormon yang mengatur periode menstruasi. Stres yang berlarut-larut akan menyebabkan peredaran darah menjadi tidak teratur.
  • Kehamilan
    Kehamilan merupakan alasan yang paling umum dari siklus menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur. Apabila periode menstruasi terasa sudah lewat dan belum mendapatkan haid/menstruasi, tes kehamilan menjadi sebuah keharusan. Siklus haid yang tidak lancar atau teratur juga merupakan tanda umum yang sering terjadi pasca kehamilan. Pemberian ASI pada bayi juga dapat menyebabkan waktu menstruasi menjadi terhambat.
  • Aktivitas yang berlebihan
    Aktivitas berlebih dapat menimbulkan rasa lelah dan akan berpengaruh pada kelenjar hipotalamus, yang juga dapat mempengaruhi hormon menstruasi. Hal tersebut dapat mempengaruhi pelepasa hormon hipofisis yang memicu pelepasan telur atau ovulasi.
  • Jamur atau penyakit
    Kondisi kelainan rahim, kista, maupun diabetes merupakan beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur. Kondisi tersebut dapat menjadi buruk apabila kondisi tubuh tidak segera diatasi. Segera kunjungi dokter jika penyebab lain tidak ditemukan saat menstruasi tersebut tidak lancar. Karena dapat saja dipicu oleh penyakit tertentu.
  • Alat kontrasepsi
    Berbagai bentuk kontrasepsi dapat mengakibatkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar. Penggunaan pil KB, suntik KB, ataupun KB hormonal dapat menyebabkan pendarahan dalam jumlah yang sedikit atau bahkan pendarahan berat. Pemberian suntukan untuk kontrasepsi pasca melahirkan dapat menyebabkan haid atau menstruasi tak lancar dan teratur.
  • Kelenjar tiroid
    Kelenjar tiroid terdapat pada bagian leher yang dapat memproduksikah hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Apabila tiroid mengalami masalah atau gangguan, terkadang dapat mempengaruhi menstruasi. Segeralah melakukan konsultasi pada dokter. Dokter akan melakukan tes darah atau melihat bagaimana level hormon tiroid dalam darah.

Demikianlah beberapa penyebab menstruasi tidak lancar yang terjadi pada wanita. Segera hubungi dokter apabila anda menemukan gejala lain seputar menstruasi atau haid tidak lancar.

penyebab menstruasi tidak lancar Klik chat