Penyebab Sering Buang Air Kecil Pada Wanita

Penyebab Sering Buang Air Kecil Pada Wanita

Apakah kamu pernah merasakan ingin buang air kecil secara terus menerus? Apakah hal tersebut merupakan hal yang wajar dan sehat? Buang air kecil secara teratur merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh. Namun, buang air kecil secara terus menerus juga bukan pertanda baik. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jika anda memiliki frekuensi buang air kecil terlalu sering pasti merepotkan dan mengganggu. Apa penyebab sering buang air kecil pada wanita?

apa penyebab sering buang air kecil pada wanita

 

Secara normal, setiap orang buang air kecil sebanyak 4-8 kali. Akan tetapi setiap orang memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Anda harus memperhatikan apakah anda terlalu banyak minum atau apakah sedang dalam neggunakan obat. Penyebab sering buang air kecil pada wanita terdapat 3 golongan, yaitu faktor psikologis, karena obat-obatan, dan kondisi medis / penyakit.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil

Apa Penyebab Sering Buang Air Kecil Pada Wanita

  1. Faktor Psikologis

    Faktor psikologis dapat memperngaruhi kesehatan seseorang. Penyebab sering buang air kecil juga dapat terjadi karena faktor psikologis. Rasa cemas dapat membbuat anda merasa tidak tenang, jantung berdebar, otot tidak tegang, mudah berkeringat, sulit tidur, mudah marah, sulit konsentrasi, dan termasuk sering ingin buang air kecil.

  2. Obat-obatan penyebab sering buang air kecil

    Obat-obatan bersifat diuretik umumnya digunakan untuk mengobati penyakit. Cairan serta zat pada obat akan membuang cairan yang berlebih dari tubuh,
    sehingga anda merasa ingin buang air kecil.

  3. Kondisi medis / penyakit yang jadi penyebab sering buang air kecil

  • Gangguan Pada Prostat
    Pembesaran prostat dapat menekan saluran kemih dan dapat menutupi aliran urine sehingga menyebabkan dinding kandung kemih mengalami iritasi dan mudah berkontraksi walau hanya berisi sedikit urin.
  • Stroke
    Penyakit stroke menyebabkan kerusakan syaraf. Jika syaraf rusak, maka akan berkaitan dengan fungsi kandung kemih. Maka penyakit ini dapat menjadi penyebab sering buang air kecil pada wanita dan pria.
  • Batu Ginjal
    Batu ginjal merupakan batu mineral yang terbentuk di dalam kandung kemnih ketika urine terkonsentrasi. Jika buang air kecil secara terus menerus disertai tanda-tanda seperti sedikitnya kencing yang keluar dan disertai rasa nyeri, sakit bagian bawah perut, terdapat darah pada urine, atau warna urine menjadi gelap dan keruh maka batu ginjal dapat menjadi penyebab sering buang air kecil.
  • Infeksi Saluran Kemih
    Jika anda merasa ingin buang air kecil secara terus menerus dan tidak dapat ditahan serta diiringi demam, rasa tidak nyaman, atau nyeri pada area perut dapat menjadi pertanda infeksi saluran kemih.
  • Kandung kemih terlalu aktif (overactive bladder)
    Kondisi dimana otot kandung kemih berkontraksi tidak terkontrol sehingga menyebabkan anda ingin kencing walaupun kandung kemih belum terisi penuh oleh urine.
  • Infeksi Ginjal
    Penyebab sering buang air kecil pada wanita dan pria berikutnya adanya kemungkinan terjadi infeksi ginjal. Selain ingin terus buang air kecil, diiringi juga dengan gejala seperti sakit punggung, sakit pangkal paha, demam, mual, muntah, dan diare.
  • Diabetes
    Yang paling umum dicurigai menjadi penyebab sering buang air kecil pada wanita dan pria adalah diabetes. Tubuh akan berusaha mengeluarkan gula yang berlebuh dalam darah, sehingga memicu produksi urine yang lebih banyak dan biasanya diiringi dengan rasa haus yang terus menerus.
  • Divertikulitis / Radang pada dinding usus besar
    Rasa nyeri yang berawal dari pusar lalu mnyebar ke perut bagian bawah, terjadi demam, buang air kecil terus menerus yang disertai rasa nyeri, dan pendarahan pada dubur. Maka, Divertikulitis lah penyebab sering buang air kecil pada wanita dan pria.
  • Kehamilan
    Kehamilan dapat menjadi penyebab sering buang air kecil pada wanita. Saat dalam kondisi hamil, uterus akan membesar dan menekan kandung kemih sehingga menjadi penyebab sering buang air kecil.