Pinggang Kanan Sakit, Tanda Penyakit Apa?

Pinggang Kanan Sakit, Tanda Penyakit Apa?

Pinggang Kanan Sakit – Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mendapat gangguan pada pinggang. Agar gangguan tersebut dapat diatasi, kita harus mengetahui apa yang menjadi penyebabnya.

Sakit pada pinggang merupakan gejala yang paling banyak dikeluhkan oleh orang dewasa, terutama yang aktif bekerja. Biasanya melakukan aktifitas mengangkat beban berat atau mungkin duduk terlalu lama di kantor membuat rasa pegal atau rasa tidak nyaman pada pinggang. Keadaan tersebut membuat rasa tidak nyaman pada tubuh kita serta membuat aktivitas menjadi terganggu.

pinggang kanan sakit

Baca juga: Obat lemah syahwat dan tahan lama

Mungkin pada beberapa orang merasa khawatir pada kondisi tersebut, apakah hal tersebut terjadi lantaran kecapean saja atau mungkin ada masalah pada ginjal? Oleh karena itu kiranya kita harus memahami berbagai penyebab pinggang kanan sakit dan mengenali apakah rasa sakit tersebut merupakan suatu gejala penyakit yang serius.

Penyebab Pinggang Kanan Sakit

Sakit pada pinggang dapat terjadi pada waktu tertentu atau mungkin juga berlangsung secara terus-menerus. Berikut ini merupakan beberapa kemungkinan penyebab sakit pada pinggang sebelah kanan yang umum terjadi;

  • Linu Panggul
    Linu panggul dapat dirasakan oleh siapa saja yang mengalami tekanan atau iritasi pada syaraf siatik. Syaraf siatik merupakan syaraf dengan ukuran yang panjang dalam tubuh yang menjalar melalui punggung, panggul, bokong, hingga ujung kaki. Linu panggul merupakan salah satu kemungkinan penyebab pinggang sakit.
  • Gangguan pada fungsi ginjal
    Gangguan pada fungsi ginjal ataupun infeksi ginjal seringkali dicurigai sebagai penyebab sakit pada pinggang. Tergantung letak ginjal yang terlibat, jika berada di sebelah kanan yang terkena atau teserang maka sakit pada  pinggang dapat terjadi, dan juga sebaliknya.
  • Tegang Otot
    Jika otot lumbal sebelah kanan mengalami ketegangan, maka dapat menyebabkan pinggan kanan sakit. Begitu juga sebaliknya untuk posisi yang kiri. Hal ini merupakan penyebab yang paling sering. Hal tersebut dapat terjadi jika seseorang melakukan gerakan secara tiba-tiba, gerakan tak lazim, atau mengangkat beban berat secara berulang-ulang.
  • Penyempitan Tulang Belakang
    Salah satu penyebab rasa sakit pada pingang sebelah kanan adalah penyempitan tulang belakang. Penyebab terjadinya penyempitan pada bagian ini adalah artitis yang terkait dengan semakin bertambahnya usia seseorang. Sakit pinggang sebelah kanan yang dirasakan akibat kondisi seperti ini umumnya akan semakin menjadi saat beraktivitas. Rasa sakit akan reda jika penderitanya beristirahat.
  • Masalah Pada Empedu
    Empedu adalah bagian dari hati yang salah satu fungsinya untuk mencerna lemak dalam tubuh. Letak empedu ada di perut atas bagian kanan. Masalah empedu juga menjadi salah satu kemungkinan penyebab pinggang sakit.

Baca juga: Phimosis adalah

Pinggang memiliki fungsi yang cukup vital dalam menunjang aktivitas, maka jangan pernah menyepelekan rasa sakit yang menderanya. Kemungkinan penyebab pinggang kanan sakit di atas, diantaranya dapat berakibat fatal jika dibiarkan. Segeralah pergi ke dokter untuk proses yang lebih baik. Klik tombol dibawah ini untuk konsultasi online.