Sistitis Adalah Peradangan Pada Kandung Kemih

Klinik Utama Gracia Cystitis / Sistitis adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Peradangan tersebut membuat beberapa bagian pada tubuh anda menjadi iritasi, merah, atau bengkak.

Umumnya, penyebab penyakit ini adalah infeksi saluran kemih (ISK). ISK itu sendiri terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke kandung kemih atau uretra dan mulai berkembang biak. Hal ini juga dapat terjadi dengan bakteri alami yang berada di dalam tubuh dan menjadi tidak seimbang. Bakteri ini menyebabkan infeksi dan juga peradangan.

sistitis adalah

Baca juga: Obgyn adalah

Cystitis juga tidak selalu datang dari infeksi. Misalnya, obat – obatan tertentu dan produk-produk kesehatan juga dapat menyebabkan peradangan. Pengobatan untuk cystitis ini juga tergantung pada penyebabnya.

Cystitis dapat menyerang siapa saja. Namun, penderita yang paling banyak menderita adalah wanita.

Gejala Sistitis Adalah

Cystitis dapat terjadu pada dewasa ataupun anak-anak. Gejala cystitis pada pengidap dewasa lebih mudah dikenali dan umumnya meliputi;

• Sering buang air kecil
  • Urin yang berbau tidak sedap
  • Keluar darah saat buang air kecil
  • Perut atau pinggang terasa keram
  • Rasa nyeri selama behubungan seksual

Jika infeksi kandung kemih menyebar ke ginjal, maka dapat menjadi masalah kesehatan yang serius. Selain gejala di atas, gejala infeksi ginjal termasuk;

• Rasa mual
  • Muntah
  • Nyeri

Penyebab

Jenis cystitis tergantung pada penyebabnya. Kemungkinan penyebab cystitis tersebut meliputi;

• Infeksi Saluran Kemih (ISK)
  • Mengambil obat-obatan tertentu
  • Paparan radiasi
  • Penggunaan kateter

Yang Beresiko Terserang Sistitis Adalah

Cystitis lebih sering terjadi pada wanita karena ukuran uretra yang lebih pendek dari pada pria. Namun, baik pria maupun wanita beresiko untuk kondisi ini.

Perempuan mungkin berada pada resiko yang lebih tinggi jika mereka;

• Aktif secara seksual
  • Hamil
  • Sudah masuk ke masa monopause
  • Memanfaatkan produk kebersihan yang kurang baik

Pencegahan

sistitis adalahWanita harus menjaga kebersihan. Untuk menyegah penyebaran bakteri dan kotoran, basuh atau bersihkan area kewanitaan anda dari depan kebelakang. Pastikan area kewanitaan tetap terjaga kebersihannya. Kosongkan kandung kemih setelah hubungan seksual dan jangan lupa minum air putih yang banyak. Dan terakhir, mungkin dengan menghindari produk-produk yang membuat iritasi pada daerah kewanitaan.