Tanda Tanda Menstruasi Pada Wanita

Tanda Tanda Menstruasi Pada Wanita – Terkadang menstruasi muncul sesuai dengan perhitungan atau sesuai siklus yang biasa terjadi setiap bulan. Akan tetapi kadang pula siklus menstruasi bergeser sehingga sebagian wanita tidak menyadari hal tersebut dan menganggapnya sebagai hal yang tidak biasa.Untuk itu penting bagi para wanita untuk mengetahui tanda-tanda menjelang menstruasi.tanda tanda menstruasi pada wanita

Baca Juga: Cara Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

Tanda Tanda Menstruasi Pada Wanita

Tan
da atau ciri menstruasi pada wanita meliputi;

1. Perubahan Emosi

Tanda-tanda menstruasi pada wanita akan datang juga mencakup perubahan dalam suasana hati. Wanita akan menjadi lebih mudah marah, depresi serta cemas, mudah tersinggung dan cenderung bersedih. Tidur pun merasa terganggu serta akan merasakan kelelahan.

Ada beberapa teknik untuk meringankan rasa sakit atau ketidaknyamanan akibat dari menstruasi itu sendiri seperti menggunakan obat penghilang rasa sakit, olahraga ringan, mengompres daerah perut menggunakan botol yang diisi air hangat, serta bisa juga dengan memijat perut bagian bawah.

2. Perubahan Fisik

Perubahan fisik sebagai tanda-tanda menstruasi pada wanita dapat terjadi hingga sepuluh hari sebelum menstruasi itu datang, delapan puluh persen wanita akan mengalami perubahan fisik sebagai tanda-tanda menstruasi pada wanita sebagai berikut;

• Gangguan Pencernaan
    Sebagian ada yang mengalami sering kembung, mual, kram perut, diare, atau sembelit. Bahkan adapula yang cenderung untuk mengonsumsi henis makanan tertentu.
  • Masalah Kulit
    Masalah kulit menjadi salah satu tanda tanda menstruasi pada wanita yang mungkin menjengkelkan bagi para wanita. Karena dapat muncul jerawat yang lebih banyak di wajah, ini merupakan pengaruh hormon.
  •  Rasa nyeri pada payudara
  • Rasa nyeri pada sendi
  • Rasa nyeri pada punggung dan pinggang

3. Premenstrual syndrome (PMS)tanda tanda menstruasi pada wanita
Premenstrual syndrome (PMS) terdiri dari gejala fisik, psikologis dan emosional yang dapat terjadi pada hari hari sebelum menstruasi itu datang. Akan tetapi hal tersebut tidak berpengaruh pada wanita, atau mungkin hanya sebagian saja. Mirip memang dengan tanda tanda menstruasi pada wanita seperti di atas, namun pada PMS hal itu terjadi lebih berat.

Beberapa gejala fisik PMS yang paling umum meliputi;

• retensi cairan dan perasaan kembung
  • nyeri pada payudara
  • sakit kepala
  • nyeri otot dan sendi
  • pusing
  • kelelahan
  • mual
  • berat badan turun
  • sakit punggung
  • perubahan kulit dan rambut
  • rasa nyeri pada perut

Gejala psikologis umum yang terjadi pada PMS meliputi:

• perubahan suasana hati
  • perasaan marah atau emosional
  • merasa tersinggung atau marah
  • perasaan depresi
  • menangis
  • kegelisahan
  • kesulitan berkonsentrasi
  • kebingungan dan pelupa
  • kegelisahan

Gejala seperti merasa kembung, perubahan suasana hati dan cepat marah umumnya akan membaik ketika menstruasi dimulai dan akan hilang sepenuhnya dalam beberapa hari setelah haid selesai.