Tips Kesehatan Reproduksi Pria

Tips Kesehatan Reproduksi Pria

Klinik Utama Gracia– Kesehatan reproduksi pria merupakan tanggung jawab pada diri sendiri, jagalah kebersihan pada pakaian khususnya pada celana dalam.

Sebaiknya pakaian dalam yang sering dipakai sehari-hari terbuat dari bahan katun dan rutin menggantinya satu kali sehari. Karena pemakaian celana dalam yang tidak diganti selama berhari-hari akan terjadi kelembaban dan akan menimbulkan bakteri serta penyakit pada diri anda.

Segeralah bersihkan alat reproduksi anda setiap hari, setelah anda buang air besar dan buang air kecil, apabila ada sisa kotoran pada alat reproduksi anda, maka akan menyebabkan terjadinya iritasi dan infeksi.

Tips Kesehatan Reproduksi Pria

Untuk anda yang sudah menginjak umur dewasa, maka cukurlah bulu-bulu pada alat kelamin anda, karena ini sangat berguna untuk menghilangkan bakteri dan kelembaban pada alat vital anda, bulu yang terlalu panjang dan lebat akan mengakibatkan organ vital anda menjadi lembab dan banyaknya bakteri. Oleh karena itu mencukur bulu pada kelamin anda sangatlah penting, untuk menjaga diri anda dari serangan bakteri pada alat vital anda dan menjaga kesehatan reproduksi pria.

Rawatlah Kesehatan Reproduksi Pria dengan cara sebagai berikut :

Merawat kesehatan reproduksi pada pria bisa dimulai dengan kebiasaan yang baik dan sehat. Diantaranya anda tidak menggunakan alat elektronik di dekat paha, seperti HP, laptop dan lain sebagainya, karena barang elektronik tersebut dapat menghantarkan panas dan dapat mengakibatkan kualitas sperma menjadi berkurang. Tak hanya itu saja, penggunaan celana yang ngetat akan membuat organ reproduksi anda menjadi tidak sehat.

Biasakan rawatlah kesehatan reproduksi pria dengan cara memeriksa kesehatan secara berkala kepada dokter, paling tidak ini bias dilakukan sekali dalam setahun. Pemeriksaan yang dapat dilakukan seperti mamografi, pap smear dan juga pengecekan secara umum, merupakan salah satu cara ampuh untuk menjaga kesehatan reproduksi anda.

Dalam menjaga kesehatan reproduksi pada pria, terkadang pria sering diabaikan dalam masalah kesehatan pada alat reproduksinya, sehingga menimbulkan masalah seperti ejakulasi dini dan impotensi. Untuk anda pria yang masih bingung bagaimana caranya menjaga kesehatan reproduksi pria, berikut dibawah ini tips nya :

Baca Juga : Gejala Infeksi Saluran Kemih

Memakai celana dalam yang bersih

Gantilah celana dalam anda paling tidak dua kali sehari, karena untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan kuman, celana dalam yang kotor, lembab dan berkeringat dapat mengakibatkan bakteri berkembang biak. Sehingga timbulah berabgai penyakit pad alat kelamin anda.

Cukurlah bulu pada alat kelamin anda secara berkala

Jika bulu atau rambut pada kelamin anda sudah lebat dan panjang, maka segeralah untuk bercukur, karena bulu yang panjang dan lebat pada kelamin anda, bisa mengakibatkan datangnya bakteri pada alat vital anda.

Menjaga dari kelembaban

Hindari penggunaan handphone atau pun laptop dengan cara meletakan di paha, karena dapat meningkatkan suhu pada alat kelamin anda. Sehingga sperma yang dihasilkan akan menurun kualitasnya, dan ini bisa menyebabkan sulit nya terjadi pembuahan oleh sel telur pasangan anda. 

Menghindari dari ancaman berbahaya

Alat kelamin pada manusia sangatlah sensitive terhadap sinar x rontgen, maka dari itu usakan untuk tidak keseringan dalam melakukan rontgen, lakukan rontgen satu kali saja dalam rentan waktu 6 bulan. Dan hindarilah mengkonsumsi minum minuman berahkohol serta hindari juga merokok, narkoba dan lain sebagainya.

Baca Juga: Penyebab Pria Mandul

Konsultasi

Jika seandainya anda telah melakukan semua tips diatas, dan tidak ada perubahan atau perkembangan dalam kesembuhan penyakit anda. maka segeralah berobat ke dokter atau ke klinikandrologi. tanyakan pada mereka gejala awal yang anda alami dan bagaimana cara pengobatannya.