Turun Berok Adalah

Apa itu turun berok?
Turun berok adalah penyakit hernia. Di Indonesia masyarakat umumnya menyebut turun berok. Penyakit ini merupakan penyakit yang membuat rasa tidak nyaman dan membuat rasa sakit.

turun berok

Baca Juga: Orchitis adalah

Turun Berok

Penyakit ini diakibatkan dari turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisa otot pada dinding perut. Resiko penyakit ini umumnya dialami oleh pria dewasa, namun ada juga hernia pada anak anak. Resiko in terjadi juga pada anak anak yang aktif. Jika infeksi sudah menyerang tubuh, penyakit ini menyebabkan rasa nyeri.

Bagian hernia terdiri dari cincin, kantong, dan isi hernia itu sendiri. Isi hernia yaitu usus, ovarium, dan jaringan penyangga usus atau omentum. Bila terdapat bagian yang lemah dari lapisan otot dinding perut, maka usus dapat keluar ke tempat yang tidak seharusnya yakni bisa ke diafragma (batas antara perut dan dada), bisa di lipatan paha, atau di bagian pusar. Umumnya hernia tidak menyebabkan nyeri. Namun, akan terasa nyeri bila isi hernia terjepit oleh cincin hernia.

Penyakit hernia  ini akan menyebabkan penderita merasakan nyeri yang hebat, dan infeksi tersebut akhirnya menjalar dan meracuni seluruh tubuh. Jika sudah terjadi keadaan seperti itu, maka harus segera ditangani oleh dokter karena dapat mengancam nyawa penderita. Hernia dapat terjadi pada semua umur, baik tua maupun muda. Pada anak atau bayi, lebih sering disebabkan oleh kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Biasanya yang sering terkena hernia adalah bayi atau anak laki laki. Pada orang dewasa, hernia terjadi karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut karena faktor usia.

Penyebab

turun berokPenyakit ini dapat disebabkan oleh tidak sempurnanya penutupan kanal kanal saluran perpindahan organ saat masih dalam kandungan, sehingga saluran yang seharusnya menutup tersebut tetap terbuka dan menjadi titik lemah di dinding perut. Berikut beberapa penyebab hernia diantaranya adalah

• Tekanan dalam rongga tubuh yang besar, seperti saat menahan
  • Hamil atau melahirkan pada perempuan
  • Adanya penumpukkan cairan tak normal dalam rongga perut
  • Batuk secara terus menerus.
  • Penyakit paru, obesitas, dan yang serupa

Jenis hernia ini pun beragam, tergantung dari organ yang terlibat dan jalur yang mengalami kelemahan.

Pencegahan

Beberapa cara mencegah hernia antara lain;

• Hindari konstipasi dan menahan beban yang berat
  • Perbanyak makan serat dari buah dan sayur
  • Hindari pemicu batuk