Uretritis Adalah

Uretritis Adalah

Uretritis adalah infeksi pada uretra atau peradangan pada saluran kencing atau uretra. Biasanya gejala utama rasa sakit saat buang air. Ini merupakan suatu kondisi dimana uretra yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh menjadi radang atau iritasi .

uretritis adalah

Uretritis umumnya disebabkan karena infeksi bakteri. Perempuan memiliki kesempatan lebih besar untuk terjangkit urethritis karena urethras mereka lebih pendek daripada pria. Urethritis sendiri berbeda dengan penyakit infeksi saluran kemih. Mereka mungkin memiliki gejala yang hampir sama, akan tetapi memerlukan metode pengobatan yang berbeda.

Baca Juga: Penyebab Infeksi Ginjal

Penyebab Uretritis Adalah

Secara umum, kebanyakan kasus uretritis adalah hasil dari infeksi bakteri atau virus. Bakteri merupakan penyebab paling umum. Bakteri juga dapat menyebabkan infeksi kandung kemih, ginjal dan juga dapat menginfeksi lapisan uretra. Bakteri yang ditemukan secara alami di genital area juga dapat menyebabkan urethritis.

Bakteri yang sering menyebabkan urethritis meliputi:

  • E. coli dan bakteri lainnya yang hadir dalam tinja atau kotoran.
  • Gonococcus, menular dan menyebabkan gonore.
  • Chlamydia trachomatis, menular dan menyebabkan klamidia.

Gejala Uretritis Adalah

  • Sering buang air kecil.
  • Rasa sakit saat buang air kecil.
  • Rasa sakit saat melakukan hubungan intim.
  • Tidak jarang keluarnya ada darah pada urin.

Untuk beberapa orang mungkin tidak memiliki gejala yang jelas. Mungkin ada pengaruhnya dari penyakit-penyakit lain yang di deritanya.

Baca Juga: Polip Serviks Adalah

Cara Mencegah Uretritis

Umumnya bakteri yang menyebabkan urethritis ini ditular ke orang lain melalui hubungan atau kontak seksual. Karena itu, melakukan seks yang aman adalah tindakan pencegahan yang penting.

Berikut beberapa cara membantu mengurangi resiko terinfeksi urethritis

  • Hindari melakukan seks dengan banyak orang atau berbeda-beda pasangan seks.
  • Menggunakan kondom atau alat kontrasepsi saat melakukan aktivitas seksual.
  • Rutin memeriksa kesehatan pada dokter atau ahli medis yang berkompeten.

Selain melakukan praktek-praktek seks secara aman, memiliki pola serta gaya hidup yang baik merupakan cara untuk menurun kan terinfeksi berbagai penyakit. Banyak minum air putih bagus untuk tubuh, pastikan tubuh anda memiliki cairan yang cukup. Untuk kebanyakan orang, buang air kecil setelah melakukan hubungan intim merupakan salah satu cara terhindar berbagai bakteri.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita
Demikianlah pembahasan mengenai urethritis yang mungkin perlu anda ketahui.Jika anda memiliki keluhan tentang penyakit uretritis, segera hubungi dokter klinik kami untuk berkonsultasi mengenai keluhan anda.

Klinik kami menawarkan pelayanan medis dengan kualifikasi terbaik, dengan menggunakan teknologi yang canggih serta dokter-dokter yang profesional dan terampil di bidang penyakit kelamin. Atau segera Klik tombol Konsultasi dibawah ini untuk konsultasi medis online dengan staff medis kami.